4.5 C
Munich
Minggu, April 21, 2024

13 Peserta Ijtima Tabligh Akbar Asal Manokwari Dikarantina

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Sebanyak 13 orang peserta Ijtima Tabligh Akbar Dunia Zona Asia 2020 di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menjalani karantina mandiri setelah tiba di Manokwari menumpangi KM.Ciremai, Kamis (26/3/2020).

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Epidemologi Satgas Covid-19 Papua Barat, Agung Budijono mengatakan hasil pemeriksaan awal, 13 orang peserta Ijtima Tabligh Akbar dinyatakan sehat karena rata-rata suhu tubuhnya normal.

“13 orang ini adalah warga Manokwari yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan Ijtima Tabligh Akbar Dunia Zona Asia 2020 di kabupaten Gowa Sulsel pada tangal 20-22 Maret 2020 lalu,” kata Agung, Kamis (26/3/2020).

Dia menjelaskan, meski dinyatakan sehat pada pemeriksaan awal, namun 13 orang tersebut diberi tanda pengenal khusus (kartu kuning) sebagai tanda Orang Dalam Pemantauan (ODP),  selanjutnya disarankan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Pada kartu tersebut, berisi tentang tanda (gejala) keluhan, seperti demam/panas, batuk, pilek atau sakit menelan. Jika ada gejala tersebut dalam 14 hari masa karantina mandiri, maka diharapkan segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Sementara, Kapolres Manokwari, AKBP Deddy F.Millewa, mengatakan jajarannya terus berupaya memberikan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona kepada masyarakat di Manokwari.

Salah satu langkah pencegahan, kata Deddy, dengan melakukan patroli di tempat-tempat keramaian untuk membatasi aktivitas yang mengundang banyak warga berkumpul.

“Sementara kami akan rutin lakukan patroli, untuk batasi aktivitas kerumunan warga, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Manokwari,” tutup Deddy.(akp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta