3.1 C
Munich
Kamis, Januari 20, 2022

Waran Tutup Latsar CPNS Mansel, Wujudkan Akuntabilitas Dalam Tugas Jabatanya

Must read

RANSIKI,JAGATPAPUA.com-Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran resmi menutup pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di lingkup Pemda Mansel, di Pendopo Bypass Lachai Roi, Jumat (3/12/2021).

Markus Waran mengatakan, kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional, diindikasikan dengan kemampuan mengaktualisasi nilai dasar yakni kemampuan mewujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas jabatannya.

“Selain itu, kemampuan mengedepankan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatan, kemampuan menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas jabatannya,
serta kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas dan jabatannya serta kemampuan untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansi,” tuturnya.

Dikatakan Waran, setiap CPNS yang sudah mengikuti Latsar, harus bisa mengimplementasilan lima nilai dasar profesi PNS, yaknj akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi.

“Latsar CPNS tahun 2021 ini merupakan model baru sesuai aturan LAN nomor 1 tahun 2021 di atas maka tentunya inilah model baru yang tidak sama dengan sebelumnya. Saya yakin selama saudara mengikuti latsar saudara-saudara telah dibekali dengan lima nilai-nilai dasar profesi PNS yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi,”tandas Waran

Dengan sistem pola baru ini, tentu akan menghasilkan pegawai negeri sipil yang berkualitas dan memiliki jiwa semangat pengabdian yang tinggi serta bersaing di era modernisasi. Terus berkembang seiring dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merambat dalam berbagai aspek kehidupan manusia,” ungkap Waran.

Sebelumnya, dalam laporan panitia, dari total 872 di mana 845 dari pemerintah kabupaten Manokwari Selatan serta 27 dari KPU Papua Barat , di antara 872 peserta Latsar tersebut, ada 3 orang yang dinyatakan tidak lulus dan mereka harus mengikuti atau mengulang kembali kegiatan Latsar 15 sesudah kegiatan Penutupan latsar CPNS tahun 2021 ini.(jp/nae)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta