18.4 C
Munich
Kamis, Juli 18, 2024

Wakapolda Papua Barat Apresiasi Siswa Asal Papua Barat Raih Predikat Trengginas di SPN Jayapura

Must read

JAYAPURA, JAGATPAPUA.com – Sejumlah 601 siswa didik dari Polda Papua dan Polda Papua Barat, menyelesaikan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Tugas Umum Angkatan 45 tahun anggaran 2021/2021, Senin (28/6/2021) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura.

Dari total siswa yang dilantik ada sebanyak 300 siswa putra Diktukba Polri Polda Papua Barat, mengikuti proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah diawali Pemeriksaan pasukan dan Pernyataan penutupan Pendidikan oleh Kapolda Papua selaku Inspektur Upacara di SPN Jayapura, Papua.

Pelantikan ini turut dihadiri Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, S.H.M.Si, Danlanud Silas Papare Marsma Tni Dr. Budi Achmadi, M.Sc., Kepala BNNP Papua Brigjen Pol. Robinson D.P. Siregar, S.H., S.I.K., Pamen Ahli Bidang Sishaneg Pangdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf. M. Asmi. Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP., para PJU Polda Papua.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Himne Polri, dan dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Kapolri serta Pelaksanaan Pelantikan oleh Inspektur Upacara, Penanggalan tanda Siswa, Penyematan Tanda Efektif, penyerahan Ijazah dan pengalungan Mendali kepada siswa yang Cendekia Trengginas dan Tertabah.

Dari 601 siswa yang dilantik menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Dua ada tiga siswa meraih prestasi terbaik. Siswa yang memperoleh prestasi mental terbaik Cindekia diraih oleh Bripda Wisnu Wardana pengiriman Polda Papua.

Sedangkan peserta didik terbaik dengan predikat trengginas direngkuh oleh Bripda Kevin Jenama pengiriman Polda Papua Barat. Kevin adalah anak seorang wirausahawan di Papua Barat pasangan H Luanmasar dan Rosalina Jenama. Terbaik ketiga dengan predikat tertabah diperoleh Brian Jemmy F Fele dari Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri, S.I.K mengatakan pada pelantikan tersebut ada juga bintara noken yang sebelum pelantikan sudah disiapkan selama 2 bulan untuk dilatih dan dibina.

“Sampai saat ini mereka belum ada yang mundur, mereka semua kita nyatakan berhasil dengan memuaskan, karna kami lihat ada perubahan karakter dalam melakukan persiapan menjadi anggota Polri ini cukup baik,” tukas Kapolda.

Selain magang kepada Bintara Noken yang baru dilantik selama satu tahun pada Polda di Indonesia dan Papua Barat meraih predikat siswa trengginas, Mabes Polri memilih puluhan Bintara Polri Polda Papua Barat terbaik berdinas dan bergabung di Korps Brimob Polri Jakarta serta Densus 88 Polri.

Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Brigjen Pol Patrige Rudolf Renwarin, S.H.M.Si mewakili Kapolda Papua Barat mengaku sangat bangga atas prestasi siswa dari Polda Papua Barat menjadi lulusan terbaik di SPN Jayapura.

“Saya sangat bangga atas prestasi siswa dari Polda Papua Barat yang meraih predikat trengginas dalam pelantikan tadi, bersukur atas prestasinya, semoga menjadi teladan bagi calon siswa lainnya di Papua Barat yang akan mengikuti pendidikan di SPN,” ujar Wakapolda Papua Barat.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi, S.IK.MH menyampaikan, keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan ini sebagai anugerah dari Allah SWT yang patut disyukuri.

“Sebanyak 300 siswa diktukba Polri asal pengiriman Polda Papua Barat dilantik di SPN Jayapura, sebelumnya mereka telah menempuh pendidikan selama 7 bulan. Dalam pelaksanaan tugas nantinya, bintara remaja ini juga harus mampu menunjukkan kinerja yang baik serta disiplin yang tinggi,” ungkapnya.

Kabid Humas mengatakan pada pelantikan tersebut bapak Kapolri menyampaikan beberapa penekanan, antara lain niatkan seluruh pelaksanaan tugas sebagai ibadah dan laksanakan tugas dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan, serta jaga sinergitas bersama TNI dan seluruh Stakeholder.(jp/rls)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta