28.2 C
Munich
Selasa, Juli 16, 2024

Usulan Pemekaran 280 Kampung Persiapan, Bupati Markus Waran Pastikan SK Pelantikan Pejabat Kepala Kampung Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Must read

RANSIKI, JAGATPAPUA. com — Bupati Manokwari Selatan (Mansel) Markus Waran menerangkan, sekira 280 kampung persiapan berpeluang menerima Surat Keputusan (SK) Pejabat Kepala Kampung.

Hal ini diutarakan Waran, di selah-selah penyaluran secara simbolis dana desa tahap satu, di Pendopo Bypass Lachai Roi, Distrik Ransiki, Selasa (30/5/2023).

Namun Waran meminta setiap kampung pemekaran yang sudah diusulkan untuk bisa memaparkan persiapan masing-masing kampung.

“Bagi kampung yang sudah diusulkan, tapi wilayahnya tidak jelas, jelaskan lima hari kedepan. Karena aturannya sudah seperti itu,” tuturnya.

Ditegaskan Waran, sebelum dirinya menyelesaikan masa kepemimpinan sebagai Bupati Mansel 2024 mendatang, dirinya sudah akan melantik 280 Pejabat Kepala Kampung tersebut.

“Oleh karena itu, tahun 2024 sebelum pemilihan bupati menggantikan saja, saya akan serahkan SK Pejabat Kepala Kampung tersebut. Itu sudah menjadi komitmen dan tanggungjawab Pemda dalam ini Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya.

Terkait pembiayaan kampung persiapan tersebut kata Waran, akan dibebankan pada dana desa (dandes) dari kampung induk.

“Itu 30 persen dari dandes. Selain itu juga, dari APBD kita kasih 30 persen,” ungkapnya.

Lanjut Waran, selain pemekaran kampung, akan ada juga peralihan status tiga kampung menjadi kelurahan.

“Ketiga kampung yang akan jadi kelurahan yakni, Sabri, Abreso dan Kampung Ransiki,” terangngya.(jp)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta