Connect with us

Manokwari

Unipa Target 2035 Jadi Universitas Riset

Published

on

Rektor Universitas Papua, Prof. Dr Meky Sagrim.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Rektor Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Prof. Dr Meky Sagrim, mengatakan salah satu visi di era kepemimpinannya akan mendorong Unipa menjadi Universitas riset pada tahun 2035.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, ada sekitar 11 isu atau pergumulan yang secara perlahan sedang diselesaikan.

“Beberapa tantangan ini meliputi status akreditasi Unipa yang masih sebagai Satker pemerintah pusat, kemudian sarana prasarana, sertifikat laboratorium dan sumber daya manusia,” ungkapnya, Rabu (23/9/2020).

Menurut Sagrim, saat ini dosen di Unipa dari 559 orang, sekitar 53,8 persen jabatan fungsionalnya masih sebagai asisten ahli sementara guru besar baru 8 orang.

“Untuk menuju universitas yang terakreditasi, salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah 25 persen guru besar dari jumlah total dosen yang ada. Namun dengan jumlah guru besar di Unipa yang hanya 8 orang, maka hal tersebut sulit untuk diwujudkan,” ucapnya.

Selain itu, salah satun isu lainnya juga berkaitan dengan tanah Unipa yang luasnya lebih dari 600 hektar, dimana sebagian dari tanah tersebut belum bersertifikat.

“Mungkin bersertifikat pada zaman Belanda sementara surat pelepasan adatnya belum ada dan kita tidak mau melaksanakan pembangunan kalau terkendala dengan itu,” jelasnya.

“11 isu ini secara perlahan akan diselesaikan agar target 2035, Unipa menjadi Universitas riset dapat terjawab. Memang berat, butuh energi dan waktu. Tapi kita komitmen dan terus bekerja sedikit demi sedikit untuk memperbaikinya,” tandasnya.(top)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Manokwari

Kampanye di Amban, Warga Minta Hermus – Budoyo Bawa Perubahan

Published

on

Hermus Indou, saat menyambangi warga di Kelurahan Amban, Jumat (30/10/2020).

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Suara dukungan untuk pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, Hermus Indou – Edy Budoyo terus mengalir dari Masyarakat Manokwari.

Setelah melakukan Kampanye politiknya di sejumlah titik, Hermus yang didampingi Ketua Tim Pemenangan Alyosius Siep, menyambangi warga di kelurahan Amban, Jumat (30/10/2020).

Dalam tatap muka tersebut, Hermus memaparkan visi dan misi HEBO untuk masa pemerintahannya selama 5 Tahun kedepan. Selain itu, warga juga diberikan kesempatan menyampaikan aspirasi baik keinginan maupun harapannya.

Pada kesempatan itu, warga menginginkan Hermus dapat membawa sebuah perubahan bagi masyarakat di Amban Raya, dan merealisasikan program kerja jika terpilih di Pilkada 2020.

Menanggapi aspirasi itu, Hermus Indou mengatakan, pada prinsipnya apa yang menjadi keinginan dan harapan akan diperhatikan ketika sudah sah menjadi Bupati dan Wakil Bupati Manokwari.

“Akan dipilah mana yang menjadi aspirasi perioritas dan yang tidak untuk dimasukan dalam perencanaan program kerja dimasa pemerintahan Hermus – Budoyo,” ujarnya.

“Yang harus dilakukan saat ini adalah berdoa, sehingga Hermus-Budoyo memenangkan Pilkada Manokwari. Dengan demikian, aspirasi masyarakat secara bertahap bisa wujudkan, menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” tandas Hermus.(sos)

Continue Reading

Manokwari

Pandemi Covid-19, Pelaksanaan Pesparani II di Kupang Ditunda

Published

on

Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah ( LP3KD ) tingkat provinsi Papua Barat, Robert K Hammar

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Pesparani II, yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober di Kupang, NTT, mengalami penundaan hingga tahun 2021.

Disela-sela penundaan itu, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional ( LP3KN ) melakukan berbagai perlombaan secara virtual.

Ini diungkap, Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) tingkat provinsi Papua Barat, Robert K Hammar, Jumat (30/10/2020).

“Seharusnya pada bulan ini kita sudah berada di Kupang, namun karena pandemi Covid-19, sehingga Menteri Agama RI menunda kegiatan Pesparani II tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, dengan penundaan itu, kebijakan LP3KN, maka dilaksanakan beberapa pertandingan, namun di Papua Barat hanya mengikuti lomba paduan suara dewasa campuran untuk mengikuti virtual choir festival LP3KN Nasional.

“Dimasa Pandemi ini kita mendukung penuh kegiatan yang memberi warna tersendiri untuk bisa memuji Tuhan,” terangnya.

“Kita juga bersyukur bida mengikuti kegiatan virtual choir festival LP3KN Nasional, karena dukungan dari Uskup Manokwari-Sorong, Gubernur Papua Barat, anggota DPR Papua Barat Xaverius Kameubun. Sehingga di masa pandemi ini kita tetap mempunyai spirit untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut,” terangnya.

“Untuk kegiatan festifal virtual choir festival LP3KN Nasional, kita LP3KD memilih Gereja Imanusel Sanggeng yang mewakili. Mereka akan nyanyikan satu lagu wajib serta satu lagu daerah pilihan,” tandasnya.(sos)

Continue Reading

Manokwari

Binus Beri Dukungan Untuk HEBO di Pilkada Manokwari

Published

on

Ketua Bintang Nusantara, Anton Worobai.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Bintang Nusantara (Binus), yang merupakan pejasa ojek helm orange , menjatuhkan pilihannya untuk mendukungan Paslon Bupati dan Wakil Bupati, Hermus Indou – Edi Budoyo (HEBO) di Pilkada Manokwari 2020.

Ketua Bintang Nusantara, Anton Worobai mengatakan, dukungan terhadap paslon HEBO itu diberikan atas dasar pasangan yang berada pada posisi nusantara.

“Kami memilih yang bernuansa nusantara dan kami juga Bintang Nusantara, sehingga lebih cenderung kepada nuansa yang spesifik,” ujarnya, pata pertemuan bersana Paslon HEBO, Jumat (30/10/2020).

Selain itu, kata Anton, program yang ditawarkan oleh pasangan HEBO juga sesuai misi membangun kesejahteraan masyarakat. Apalagi kinerja Wakil Bupati sebelumnya sudah bisa diukur oleh masyarakat.

“Program itu tidak harus semua berhasil. Siapapun pemimpin paling tidak ada satu program yang berhasil, itu sudah sukses,” tuturnya.

Bintang Nusantara kata dia, mempunyai strategi khusus untuk 2.000 pejasa ojek helm Orange yang nantinya akan menentukan pilihan kepada pasangan HEBO

“Kami akan melakukan pertemuan internal dengan seluruh anggota Binus untuk komitmen ini, serta akan mengajukan berbagai usulan untuk diregulasikan, terkait persoalan keamanan dan tarif,” tandasnya.(sos)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta