3.1 C
Munich
Kamis, Januari 20, 2022

Turnamen KNPI Cup I Pegaf Resmi Bergulir

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Turnamen Komite Nasional Pemuda Indonesia Cup I Tahun 2021 yang digelar oleh Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Pegunungan Arfak mulai bergulir sejak Jumat, 15 hingga 28 Oktober 2021 nanti.

Sebanyak 24 tim Sepakbola Putra, 22 tim Bola Voli Putra serta 12 tim Bola Voli Putri siap bertarung memperebutkan piala bergilir KNPI Cup 2021.

Pembukaan Turnamen ditandai dengan upacara seremonial yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak, Ever Dowansiba mewakili Bupati dan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ananias Dowansiba, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dominggus Saiba serta Kepala Dinas Kesehatan, Andi Salabai, dan Ketua Komisi A, Oni Nuham mewakili Ketua DPRD Pegaf, pada Jumat, (15/10/2021).

Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy dalam arahannya yang disampaikan oleh Sekda Pegunungan Arfak, Ever Dowansiba mengapresiasi penyelenggaraan KNPI Cup I yang dilaksanakan oleh KNPI dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021.

Pemerintah berharap agar pelaksanaan turnamen KNPI Cup mampu menyatukan pemuda/pemudi Arfak yang tersebar di 10 distrik. Karena pemuda merupakan tonggak utama pembangunan di daerah.

“Pemda mengapresiasi pelaksanaan KNPI Cup 2021 ini, sehingga turnamen ini menjadi pemersatu seluruh pemuda Arfak. Tidak boleh ada perbedaan antara suku Souw, Atam, Meyah, Moile, tetapi pemuda Arfak tetap satu,” ujar Sekda.

Senada dengan itu, Ketua DPD KNPI Pegunungan Arfak, Sem Iba mengungkapkan digelarnya turnamen selain sebagai wadah pemersatu pemuda Arfak. Turnamen juga menjadi batu loncatan untuk menyemai bibit atlet baik sepakbola maupun bola voli.

Kedepan tambah Sem, atlet yang berprestasi akan direkrut untuk masuk sebagai pemain Persegaf atau pun KONI Pegaf melalui Askap. Hal ini guna mengisi kekosongan atlet di beberapa cabang olahrga unggulan dari Pegaf.

“Kami berharap agar para pemain menunjukan skil agar dapat dilihat langsung oleh Askap dan Dispora sehingga dapat bermain di ajang provinsi maupun nasional,” terang Sem Iba.

Ditambahkannya, perhelatan turnamen merupakan kegiatan uji coba. Apabila mendapatkan dukungan dari semua pihak dan penyelenggaraan berjalan aman dan lancar maka turnamen KNPI Cup akan digelar kembali di tahun depan. Penambahan cabang olahraga terus dimatangkan agar dapat dilaksanakan juga di tahun 2022 nanti.

“Karena ini piala bergilir maka sebisa mungkin tahun depan kita gelar kembali,” tandasnya.

Ia melanjutkan seluruh pemain diharapkan bermain dengan menjunjung tinggi sportifitas. Selain itu, panitia penyelenggara juga diharapkan bekerja secara maksimal dan terbuka kepada seluruh peserta agar tidak menimbulkan adanya kecurigaan dari peserta turnamen.

“Persoalan menang dan kalah itu hal biasa, yang kalah harus bisa menerima sementara yang menang jangan berlebihan,” pungkasnya.

Hadiah berupa piala bergilir dan piala biasa serta uang pembinaan telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. DPD KNPI Pegaf mengapresiasi beberapa pihak yang telah terlibat membantu menyukseskan pelaksanaan KNPI Cup I tahun 2021 baik secara pribadi maupun mewakili lembaga/pemerintah. (jp/joi)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta