-0.6 C
Munich
Jumat, Desember 9, 2022

Tugu Raker I Suku Byak Akan Didirikan Di Yensawai Timur Batanta Utara

Must read

YENSAWAI,JAGATPAPUA.com– Agar tetap dikenang, Ikatan Suku Byak Provinsi Papua Barat akan membangun tugu Rapat Kerja (Raker) I di Kampung Yensawai Timur, Distrik Batanta Utara Kabupaten Raja Ampat-Papua Barat.

Wakil Ketua 1 Komite 1 DPD RI, DR Filep Wamafma SH.,M.Hum C.L.A mengatakan, Tugu yang akan dibangun tersebut akan menjadi peringatan bagi para anak cucu generasi penerus suku Byak di Papua Barat bahkan se-tanah Papua.

Menurut Senator Filep, filosofi sudah jelas, berbicara terkait peradaban suku byak. Jika dibangun tugu raker dalam konteks peradaban suku byak.

“Supaya suku byak tidak boleh lagi disebut suku pendatang. Hari ini orang datang ke Papua karena Otsus dan pemekaran DOB , harus dicatat itu. Sedangkan kami suku byak sebelum ada dua hal itu bahkan sudah ratusan tahun sebelum abad ini sudah berada di semua daerah di tanah Papua. Dan tidak ada seorangpun yang menjustifikasi karena kepentingan politik justru sebaliknya, yang jadi pertanyaan kami kenapa orang byak selalu diserang??,”tegas Senator Filep kepada awak media, Jumat (7/5/2022)

Melalui Raker suku Byak, lebih lanjut Senator Wamafma, akan membuktikan bahwa suku byak masih menjalin persahabatan yang baik dengan suku-suku lain di tanah Papua khususnya suku yang berada di wilayah Doberay dan Bomberay.

“Sehingga saya tekankan, boleh menjustifikasi bahwa suku byak adalah suku pendatang,”ketus Mansonanem suku Byak ini.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta