12.7 C
Munich
Selasa, September 21, 2021

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kesejahteraan Guru harus Meningkat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengatakan pemprov akan berupaya memenuhi kesejahteraan para guru, baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun honorer.

Pasalnya, kata Gubernur, pengembangan perlindungan guru menjadi salah satu fokus pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Papua Barat.

“Kesejahteraan guru menjadi kunci pengembangan mutu dan kualitas pendidikan, sehingga kita akan berusaha memperjuangkan apa yang menjadi hak mereka baik di pusat maupun di daerah,” kata Gubernur, Sabtu (7/11/2020).

Gubernur menyebutkan, dukungan kesejahteraan guru akan dilakukan melalui tunjangan perbaikan penghasilan, tunjangan khusus dan sertifikasi guru, serta mengupayakan penyelesaian pembayaran sertifikasi guru baik di pemerintah pusat maupun di daerah.

“Apa yang menjadi tanggung jawab kabupaten/kota, kita minta untuk diselesaikan. Sementara yang bersumber dari pusat, maka kita usahakan ke pusat sehingga bisa diselesaikan,” ucap Gubernur.

Ditambahkan Gubernur, selain perhatian pada kesejahteraan guru ASN, guru honorer juga mendapatkan prioritas, terkait pembayaran gaji tunggak sejak Januari hingga September 2020.

“Gaji guru honorer tiga bulan Oktober, November dan Desember akan dibayarkan pada Desember 2020. Sehingga tidak terjadi ketimpangan antara guru honorer dan ASN di lingkungan Pemprov Papua Barat, dan penganggarannya sudah masuk di APBD perubahan tahun 2020,” tandas Gubernur.(sos)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article