Connect with us

Kaimana

Terkait Penaggulangan Bencana, BPBD Papua Barat, Gelar Rakornis di Kaimana

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat, mengelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) ke- IX Tahun 2020 di kabupaten Kaimana.

Kegiatan di Grand Papua Hotel, Kaimana, Rabu (18/3/2020), mengusung tema yakni “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama”.

Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan mengatakan Papua Barat merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki potensi sangat besar akan terjadinya bencana yang dilatarbelakangi oleh kerentanan geografis, topografis, demografis, perubahan iklim dan epidemi serta pandemi wabah penyakit.

“Ini menjadi ancaman dan menimbulkan resiko bencana, maka dalam menghadapinya dibutuhkan upaya peningkatan pengurangan resiko melalui pengelolaan penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi guna mengantisipasi kerentanan kapasitas masyarakat yang tinggal di daerah rawan,” ungkap Gubernur, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Papua Barat Drs.Muhammad A Tawakal.

Selain itu, kesadaran masyarakat yang masih rendah, berakibat buruk pada hilangnya nyawa, kerugian harta benda, rusaknya lingkungan serta dampak psikologis yang meluas dari resiko bencana, yakni mengancam produksi barang dan jasa, serta transportasi sehingga menimbulkan efek buruk kondisi sosial, ekonomi, politik, hukum dan ham, keamanan, ketentraman dan ketertiban penduduk.

“Langkah yang harus dilakukan pada tahapan pra bencana adalah menyusun rencana penanggulangan bencana dan ditindaklanjuti dengan kajian resikonya berdasarkan jenis ancamannya agar menjadi pendoman penyusunan rencana kontijensi yang akan diaktivasi pada tahapan darurat menjadi rencana operasi di semua sektor terkait,” jelasnya

Dia juga menyebut pada tahapan pasca bencana rencana operasi menjadi rujukan penyusunan kaji kebutuhan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi 5 (lima) sektor dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien guna mencapai sasaran pemulihan bencana.

Untuk diketahui bahwa dunia global saat ini dihebohkan dengan wabah penyakit virus corona convid-19 yang dinyatakan oleh organisasi kesehatan dunia (who) sebagai pandemi melanda 123 negara yang mengakibatkan terpaparnya penduduk global berjumlah 132.758 dan kasus terkonfirmasi dan kematian 4.955 jiwa.

“Khusus pada negara kita 1198 orang telah menjalani pemeriksaan intensif dan terdapat 95 orang positif dan yang dinyatakan meninggal dunia berjumlah 5 orang, sedangkan sisanya 1103 dinyatakan negatif tidak terpapar virus corona,” sebutnya.

Untuk itu tambah dia, Rakornis ini strategis dan penting dilakukan dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi peran BPBD dalam melakukan program dan kegiatan ditingkat pusat, provinsi dan kabupaten/ kota untuk mengimplementasikan arah kebijakan penanggulangan bencana dalam RPJMD 2017-2022, diarahkan untuk mengurangi risiko bencana dan meningkatkan ketangguhan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Saya berharap agar koordinasi dan kerjasama lintas sektor harus ditingkatkan dalam mensinergikan kebijakan penanggulangan bencana pusat dan daerah, mengingat penanggulangan bencana menjadi urusan kita bersama,” tutupnya.(lc)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaimana

1 Pejabat Eselon II Papua Barat Positif Covid-19

Published

on

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan Saat Memberika Arahan Usai Ibadah, Kamis (2/7/2020) Dikantor Gubernur, Arfai Manokwari//

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com – Satu Pejabat Eselon II dilingkungan Pemerintah provinsi Papua Barat, dinyatakan Positif Covid-19. Ini diungkapkan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan saat melakukan pengecekan terhadap pejabat eselon II dilingkup pemprov PB yang belum melakukan test swab covid-19, Kamis (2/7/2020) di Kantor Gubernur Papua Barat.

“Hasil swab gelombang pertama, 1 pejabat positif Covid 19. Dia saat ini sedang di rawat di RS. Papua Barat,” ungkapnya

Hingga saat ini, kata Gubernur, masih sekitar 13 pejabat eselon II yang belum melakukan tes swab. Gubernur menegaskan agar pejabat terkait segera melakukan test swab di RS Provinsi Papua Barat.

“Swab ini untuk kita menuju ‘New Normal’, agar 14 Juli mendatang kita bisa masuk kantor, dan sebagai ASN kita harus menunjukan contoh yang baik bagi masyarakat,” tegasnya. (alb)

Continue Reading

Hukrim

HUT Bhayangkara Ke 74, 18 Bintara Polres Kaimana Naik Pangkat

Published

on

KAIMANA JAGATPAPUA.com – Sebanyak 18 anggota Polres Kaimana, naik pangkat bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Rabu (1/7/2020).

Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat kepada 18 Bintara tersebut dilaksanakan dilapangan upacara Polres Kaimana.

“Kepada ke 18 Bintara yang baru dinaikan pangkat setingkat lebih tinggi, diharapkan agar tanggung jawab tugas yang saudara emban akan meningkat di masa-masa yang akang datang,” ujar Kapolres Kaimana AKBP Iwan P Manurung dalam amanatnya pada Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat.

Kapolres mengatakan, bagi anggota Polres Kaimana yang belum diusulkan kenaikan pangkat maupun yang tertunda agar tetap menunjukan disiplin kerja dan bertugas dengan baik.

“Bagi anggota yang belum diusulkan untuk kenaikan pangkatnya, serta bagi yang tertunda kenaikan pangkatnya, agar terap menunjukan dedikasi, disiplin kerja, serta betugas dengan loyalitas yang sebaik-baiknya, dan jangan membuat pelanggaran atau hal-hal terkecil apapun, sehingga pada saatnya nanti saudara akan diusulkan kenaikan pangkat dan atau jabatan serta promosi mengikuti pendidikan pengembangan atau kejuruan lainnya,” ucap Kapolres.

Kapolres menambahkan tugas Polri kedepannya akan semakin berat dan banyak tantangannya, karena Polri bukan hanya ingin dicintai nasyarakat, namun juga dipercayai sebagai pelindung, penganyom dan pelayan.(lc)

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Distrik Teluk Arguni Atas Bentuk Posko Relawan Covid-19 di Kampung Sawatawera

Published

on

Salah satu Posko Relawan Covid-19 di Kampung Warua

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Kepala Distrik Teluk Arguni Atas Kabupaten Kaimana, bersama staf dan anggota TNI/Polri, sejak Senin (22/6/2020), telah menetapkan Posko Tim Relawan Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 di Kampung Sawatawera – Rafa.

Keberadaan posko ini pun disambut baik oleh masyarakat adat, aparat kampung beserta tokoh agama di kampung tersebut.

Kepala Distrik Teluk Arguni Atas Septer Samaduda, SE, saat menyerahkan BLT kepada masyarakat di Kampung Warua.

“Memang masyarakat di Kampung Rafa sudah bentuk relawan dan telah bekerja, termasuk melakukan penolakan bagi masyarakat yang hendak berkunjung dari Kabupaten lain demi keamanan dan kenyamanan,” kata Kepala Distrik Teluk Arguni Atas, Septer Samaduda, SE, Selasa (23/6/2020).

Dia mengaku selain penetapan Posko Relawan Covid-19, juga dilakukan lintas perjalanan, meliputi pengecekan penyerahan ‘Bantuan Langsung Tunai’ (BLT) di beberapa Kampung, yakni Kampung Feternu dan Kampung Warua.

“Jadi dari 24 Kampung diwilayah Distrik Teluk Arguni Atas, sebagian besar telah menyalurkan dana BLT dan sebagian kampung belum, dikarenakan keterlambatan pengurusan,” tutupnya.(lc)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta