28.5 C
Munich
Jumat, Juli 19, 2024

SMKK Negeri Manokwari Gelar Diklat GANISPHPL

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Dalam upaya peningkatan kompetensi tambahan bagi siswa SMK Kehutanan Negeri (SMKKN), dibidang pengelolaan hutan lestari.

SMK Kehutanan Negeri Manokwari, menggelar Diklat Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (GANISPHPL), Pengujian Kayu Bulat Rimba (PKB-R) bagi siswanya, Jumat (10/5/2019).

Kepala Sekolah SMKKN Manokwari Nelles Kapitaraw, menyatakan tujuan utama diselenggarakan diklat tersebut adalah untuk mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja SMKKN dalam dunia kerja.

“Melalui Pelatihan ini diharapkan lulusan SMKKN Manokwari memiliki kompetensi lebih lengkap dan lebih diterima industri primer sektor kehutanan,” tuturnya.

Pelatihan ini adalah tindak lanjut kerja sama dengan Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi KLHK. Kedepan BP2SDM akan bekerja sama dengan sektor swasta dan BUMN terkait, seperti Perum Perhutani, Usaha Pertambangan, dan Jasa Konsultasi.

“Lulusan SMKKN juga dapat mengisi lapangan kerja pada program pemerintah melalui Perhutanan Sosial dan KPH,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (PENGDA) IKA SKMA Papua Barat, Jerry Saleda mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas IKA SKMA dengan memberikan kegiatan ilmu-ilmu teknis di bidang kehutanan, yang nantinya sangat bermanfaat kepada para siswa/siswi alumni IKA SKMA.

“Melalui pendidikan non formal, mereka diberikan pengetahuan seperti diklat, terutama pembekalan dibidang produksi terkait kebijakan-kebijakan kehutanan, pengelola hutan produksi lestari, pengenalan jenis kayu, cacat kayu, pengukuran dan pengujian kayu dan sistem informasi pranata usaha hasil hutan,” jelasnya.

Dia berharap peserta dapat membangun kompetensi untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai GANISPHPL.

Kegiatan tersebut kerjasama antara Balai Diklat LHK Makassar, SMK Kehutanan Negeri Manokwari dan BPHP Wilayah XVI Manokwari.(el)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta