5.8 C
Munich
Senin, Oktober 25, 2021

Selain Pemberdayaan Perempuan Dan Anak, PKK Juga Wajib Bantu Tugas Pemerintah Manokwari

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Manokwari, Ny Febelina Indou SE, mengatakan, keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi Gerakan PKK memiliki peranan strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh khususnya untuk perempuan dan anak-anak.

“Hal ini merupakan wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah, yang dapat terlihat dari 10 program PKK yang sangat Sinergi dan selaras dengan program Pemerintah,”ungkap Febelina pada Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Selasa (33/3/2021), di Hotel Aston, Manokwari.

Menurutnya, dengan adanya keselarasan program tersebut, tentunya tim penggerak PKK Kabupaten Manokwari diharapkan dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik apabila mendapat dukungan dari Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari.

“Dalam bagaimana tujuan pembangunan nasional menuju Indonesia maju saat ini masih dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks terutama terkait isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi covid- 19 dan kerusakan lingkungan serta berbagai isu lainnya.

Tentu kata Febelina, hal tersebut semakin menegaskan bahwa keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan program dan kegiatan nasional maupun daerah.

Selanjutnya Febelina mengajak, seluruh pengurus tim penggerak PKK yang baru dilantik untuk menyelaraskan program kerja PKK dengan program pemerintah, sehingga tertib ke kampung-kampung dengan mengaktifkan Dasawisma sebagai ujung tombak pelaksanaan program kegiatan PKK.

Dalam kiprahnya pengurus tim penggerak PKK juga memiliki peran sebagai pelopor dan motor penggerak pembangunan dalam mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera maju, dan mandiri yang diimplementasikan melalui pemberdayaan perempuan dalam melaksanakan pembinaan pengelolaan serta pengembangan 10 program pokok PKK dimaksud.

“Pengabdian di dalam gerakan PKK bukanlah pengertian sesaat melainkan sebuah perjuangan panjang tanpa batas, dengan pemahaman ini, saya meyakini pengurus dapat menjalankan amanah sebagai pengurus tim penggerak PKK Kabupaten Manokwari. Sehingga dapat berkontribusi lebih baik dalam masa kepengurusan saat ini guna membangun Kabupaten Manokwari ke arah yang lebih baik,”tandasnya

Ia menyebut, Manokwari saat in dihadapkan dengan bencana covid-19 yang belum usai, maka pihaknya wajib menggaungkan himbauan pemerintah yang menjadi perhatian bersama sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona dengan memperhatikan gerakan 5 M, yaitu memakai masker mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi pemerintah.(JP/me)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta