9.1 C
Munich
Sabtu, September 25, 2021

RSUD Manokwari Jadi Rumah Sakit Rujukan Corona, Ini Kekurangannya

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Tim Penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona, mengaku kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari telah siap untuk tangani kasus tersebut.

Juru Bicara Tim Penanganan KLB Virus Corona, Arnold Tiniap mengatakan, pihaknya sudah siapkan dua rumah sakit menjadi rujukan bagi pasien terinfeksi Virus Corona.

“Untuk rumah sakit rujukan satunya di Sorong dan satu lagi adalah RSUD Manokwari,” kata Arnold, kepada wartawan melalui telepon seluler, Rabu (11/3/2020).

Arnold juga mengatakan untuk RSUD Manokwari, meski masih ada kekurangan, pada prinsipnya mereka siapkan ruangan dan tenaga medis, namun penempatan petugasnya belum.

“Penempatan petugas belum ada karena kemungkinan belum ada kasus Virus Corona di daerah ini,” ucapnya.

Namun hal berbeda justru ditemui, sejumlah wartawan saat mengecek langsung ke RSUD Manokwari.

Bahkan salah satu petugas yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, kelengkapan di RSUD soal kesiapan penanganan Virus Corona masih sangat minim, karena belum ada alat tekanan negatif, alat penetralisir suhu tubuh dan beberapa alat penting lagi.

“Selama ini tim KLB Corona Papua Barat, mengatakan kesiapan RSUD Manokwari sudah siap, namun faktanya belum. Tim juga belum menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) ke pihak rumah sakit. Saya tidak tau, apakah APD ini dipakai atau tidak,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia ruang yang digunakan untuk penanganan Virus Corona, belum ada petugasnya. Namun jika ada petugas yang ditempatkan juga tidak akan mau karena APD belum ada.

Sementara terpantau, kondisi ruangan yang disiapkan terlihat tidak layak, karena pintu dan jendela dalam kondisi terbuka. Nampak udara bebas keluar, tanpa harus melewati penyaring udara.(ar)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article