5.8 C
Munich
Senin, Oktober 25, 2021

RS Pratama Elia Waran Masih Butuh Penataan Kelengkapan Alkes dan Ketersediaan Nakes

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com- Rumah Sakit (RS) Pratama Elia Waran, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) Papua Barat, masih membutuhkan pemenuhan sejumlah Alat Kesehatan (Alkes) dan ketersediaan tenaga Kesehatan (Nakes) serta Dokter Spesialis.

Hal ini tentu menjadi perhatian serius pemerintah daerah kabupaten Mansel, menjelang peresmian RS tersebut.

Dalam kunjungan Bupati yang dilakukan kemarin, untuk mengecek pengadaan alat kesehatan (alkes) menjelang peresmian, masih ditemukan sejumlah alkes yang masih dalam proses pemasangan dan renovasi kedudukan, yakni alat hematologi untuk pemeriksaan darah rutin, peralatan pemeriksa kimia darah untuk pemeriksaan zat kimia dalam tubuh, alat urin analiser untuk pemeriksaan urine.

Bupati Mansel, Markus Waran MT mengatakan, Peresmian RS tersebut akan dilakukan setelah penataan semua kebutuhan RS terpenuhi, yang disesuaikan dengan pemasangan alkes serta dukungan operasional.

Waran mengakui, Nakes di RS itu masih terbatas seperti PNS. Untuk tenaga dokter spesialis yang sudah ada, yakni dokter kandungan, bedah, penyakit dalam dan dokter anak.

“Dari empat dokter sudah ada beberapa dokter, kalau dokter sudah komplit sesuai struktur manajemen sesuai standar rumah sakit ini”sebut orang nomor 1 Mansel ini, saat meninjau laboratorium RS Pratama Elia Waran kemarin.

Sedangkan petugas medis, lanjut Waran, masih terbatas, karena belum diresmikan. Operasi saat ini masih terbatas, masih khusus untuk pasien COVID-19.

Menurut ia, RS ini akan ditata sedemikian rupa, sehingga setelah diresmikan bisa melakukan pelayanan secara prima dan dapat melayani masyarakat di kabupaten tersebut.(jp/nae}

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta