Connect with us

Adat

Program IMP Diharapkan Jadi Indikator Provinsi Berkelanjutan

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Papua Barat bersama Yayasan Econusa menginisiasi program Ilmuwan Muda Papua (IMP).

Perwakilan Direktur Econusa, Rina Kusama mengatakan, kehadiran IMP diharapkan dapat memberikan sumbangsih melalui penelitian untuk mewujudkan berbagai indikator yang telah ditetapkan dalam provinsi berkelanjutan. Itu sebabnya, mereka menginiasi program IMP dengan membuka pendaftaran pengajuan proposal penelitian.

Dikatakan Rina, sebanyak 10 pengajuan perposal penelitian telah disetujui. Itu berdasarkan hasil seleksi 86 pengajuan proposal yang diterima dari mahasiswa di universitas yang ada di Tanah Papua.

“9 peneliti merupakan Mahasiswa Universitas Papua sedanfkan 1 peneliti dari Universitas Cenderawasih,”ujarnya.

Mereka kata Rina akan mendapatkan beasiswa dana penelitian dan pendampingan yang dikurasi oleh tim panel yang terdiri dari Prof Jatna Supriatna (Universitas Indonesia), Prof. Roni Bawole (Universitas Papua), Henderite Ohee (Universitas Cenderawasih), Jemmy Oruw (Balitbangda Provinsi Papua Barat) dan Muhammad Farid (Yayasan EcoNusa).
Hal tersebut disampaikan dalam Konferensi Pers pembukaan Bootcamp IMP. (alb)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Silaturahmi Di Sidey, Hermus Indou Ajak Pendukungnya Berjuang Dengan Elegan Dan Damai

Published

on

Silaturahmi, Bakal Pasangan Calon Bupati Manokwari, Hermus Indou Dengan Ratusan Masyarakat Pendukung Di Wilayah Distrik Sidey, Selasa (22/9/2020).

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Bakal Pasangan Calon Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengajak para pendukungnya di Distrik Sidey agar berjuang dengan elegan dan damai.

Hal ini ditekankan oleh Hermus dalam kegiatan silaturrahmi dirinya bersama 5 kelompok relawan dan masyarakat di wilayah Distrik Sidey, Selasa (22/9/2020).

“Tidak boleh ada konflik, kekerasan bahkan intimidasi. Silahkan pilih sesuai hati nurani, tapi pastikan pilihanmu adalah pilihan yang benar,” kata Hermus di hadapan sekitar 200an pendukungnya.

Menurut Hermus Pilkada tidak boleh mencerai-beraikan kesatuan masyarakat, khususnya di Sidey.

“Pilkada tidak boleh membuat suami -istri berkelahi atau bertengkar,”ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Hermus dengan santun juga memohon ijin sekaligus dukungan doa warga terkait pencalonannya bersama Edy Budoyo dalam Pilkada Manokwari. Ia menyatakan, bersama Budoyo, HEBO adalah “Pasangan Nusantara” yang mewakili aspek kemajemukan dalam masyarakat Manokwari.

Dalam pertemuan ini hadir utusan dari 5 kelompok relawan diantaranya Relawan Akar Rumput, Tim Independen, Tim Honorer dan Tim Doa, juga hadir sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, peremepuan dan tokoh pemuda.

Selain itu juga hadir pimpinan partai politik koalisi parpol pendukung HEBO.

Terlihat Ketua Koalisi juga Ketua Partai Perindo Aloysius Siep, Xaverius Kameubun (PKPI, sekaligus tim pengendali), Ortizan Marini (Nasdem), Patrix Barumbun Tandirerung (PSI), Ali Ohorella (Demokrat Warpramasi), serta pengurus parpol anggota koalisi lainnya yang berkedudukan di tingkat distrik.

Hadir juga Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Kampung Sidey Baru, Abdul Azis.

Menurut Xaverius, pertemuan ini adalah konsolidasi kandidat bersama tim pemenangan dan relawan, sekaligus untuk memperkenalkan kandidat kepada masyarakat.

“Ini silaturahmi, bukan kampanye. Belum waktunya. Kita rapatkan barisan agar tim bisa bekerja juga agar warga mengenal calon,” tandas Xaverius Kameubun.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan pengembangan Sidey kedepan, Hermus mengatakan kawasan ini perlu terus dikembangkan terutama kualitas infrastrukturnya.

Distrik Sidey yang menjadi simpul penghubung Manokwari dengan Sorong dan Tambrauw, juga merupakan kawasan yang perlu dikembangkan sebagai lumbung pertanian. (me)

Continue Reading

Adat

Alat PCR Manokwari Resmi Beroperasi, Sematkan Nama Alm. Bupati

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– RSUD Manokwari akhirnya memiliki Laboratorium PCR yang diberinama Lab PCR Demas Paulus Mandacan. Kehadiran Lab PCR ini merupakan penantian panjang pemerintah sejak upaya pengadaan beberapa bulan lalu.

Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengatakan, pengadaan alat dan laboratorium PCR Kabupaten Manokwari itu sudah lama di rencanakan untuk diadakan.

Kata dia, saat itu terjadi lockdown dan penerapan PSBB berskala besar sehingga sulit untuk mendatangkan alat tersebut.

Tak hanya kendala PSBB, pada saat alat PCR tiba dan belum bisa dioperasikan karena belumadanya tenaga yang akan mengoperasikannya.

“Kita bersyukur penantian panjang itu terjawab dan hari ini alat PCR bisa kita resmikan dan operasikan,”ujarnya usai peresmian Lab.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Manokwari. drg. Hendri Sembiring mengatakan, laboratorium itu bisa melakukan pemeriksaan 90 sampel per hari dengan 3 kali running.

“Pengadaan ini lengkap dengan alat pendukung lain. Kita langsung hibahkan ke RSUD Manokwari,” jelasnya dalam laporan. (alb)

Continue Reading

Adat

Petugas Persampahan Dan Satgas Covid-19 Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– 185 Petugas Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup Manokwari dan 594 Petugas Covid-19 Manokwari menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. Plh Bupati Manokwari, Edi Boduyo menyerahkan simbolis kartu BPJS Kesehatan bagi perwakilan petugas persampahan dan tim satgas.

Dikatakan Plh Bupati, dalam kondisi krisis saat ini, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat di butuhkan, karena memberikan perlindungan terhadap resiko sosial ekonomi akibat kecelakaan kerja dan kematian.

“Seluruh petugas lapangan telah diberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah daerah selaku pemberi kerja,”ujar Plh Bupati saat penyerahan simbolis Kertu BPJS Ketenagakerjaan di Sekretariat Satgas Covid-19 Manokwari, Senin (21/9/2020)

Plh Bupati lalu meminta petugas persampahan dan Tim Satgas Covid-19 agar dapat bekerja dengan baik dan tetap semangat, serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.

Dia juga mengapresiasi presiasi Dinas lingkungan hidup dan Ketua Satgas Covid 19 yang telah berkoordinasi dengan BPJS ketenagakerjaan hingg terdatanya petugas pada perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.(alb)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta