Connect with us

Headline

Polisi Tangkap Komplotan Penjual Senpi Ilegal di Manokwari

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, berhasil mengamankan 3 tersangka penjual senjata api ilegal, bernisial SM, RB dan KS.

Dari ketigannya, petugas mengamankan 6 pucuk senjata api laras pendek beserta 39 butir amunisi kaliber 4.5 mm dan 6 butir amunisi kaliber 3.8 mm.

“Ketiga tersangka diamankan di tempat berbeda di Manokwari. SM didekat lokasi PLTD Sanggeng, 3 November 2020. Sedangkan RB di pintu kedatangan Bandara Rendani dan KS di Kampung Susweni. RB dan KS, ditangkap tanggal 6 Oktober 2020,” kata Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, S.Ik.,M.Si, pada konferensi pers di Mapolda Papua Barat, Selasa (17/11/2020).

Kapolda menuturkan dari hasil pemeriksaan awal, modus tersangka RB, yang berjenis kelamin perempuan asal Kepulauan Sahinge itu menawarkan penjualan senjata api dan amunisi kepada SM.

Penjualan itu, lanjut Kapolda untuk mencari keuntungan, sedangkan pembelinya ingin menjaga diri dan mas kawin. Namun, pihaknya masih mendalami motif lainnya.

“Mereka ini masuk jaringan Filipina-Manado-Papua. Dan kita tidak bisa menerka motifnya untuk ini dan itu. Makanya kita akan dalami lagi,” tandas Kapolda.(rls/jp)

Continue Reading
Advertisement


 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adat

Pemprov Papua Barat Terima DIPA 2021 Sebesar Rp24,4 Triliun

Published

on

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat menerima Daftar Isian Pengelolaan Anggaran (DIPA) tahun 2021 dari Pemerintah pusat sebesar Rp26,4 Triliun.

Hal ini tidak terlepas dari perintah presiden RI Joko Widodo dengan maksud agar belanja APBN dapat memicu pemulihan ekonomi dari situasi pandemi Covid-19.

DIPA tersebut diserahkan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, pada Rabu (25/11/2020) dan DIPA tersebut dilanjutkan Gubernur kepada Pemerintah Kabupaten Kota Se-Papua Barat pada Kamis (26/11/2020) di swisbel Hotel Manokwari.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Barat, Hari Utomo menyampaikan bahwa total dana APBN tahun 2021 yang terdiri dari dana DIPA Kementerian Negara/Lembaga ( K/L ), Dana Transfer dan Dana Desa yang dialokasikan untuk Provinsi Papua Barat sebesar Rp 26,4 triliun.

“Peran penting APBN sebagai instrumen fiskal dan sekaligus instrumen untuk melakukan counter cyclical perlu dimaksimalkan bersama. APBN dapat berfungsi sebagai stimulus untuk terus mendorong belanja Negara yang efektif, inklusif terukur dan memiliki dampak langsung kepada masyarakat dan ekonomi baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,”Ungkap Hari

Ia merinci, DIPA yang diserahkan kepada satuan kerja (Satker) kementerian/lembaga serta pemerintah daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Walikota berjumlah 382 DIPA dengan total alokasi dana sebesar Rp 9,62 triliun, atau meningkat 37,68 persen dari tahun sebelumnya yang sempat mengalami penyesuaian akibat pandemi. Sedangkan alokasi dana transfer dan Dana desa se Provinsi Papua Barat tahun 2021 sebesar Rp16,82 triliun atau menurun 14,58 persen dari tahun sebelumnya sebagai konsekuensi dari pandemi yang masih terjadi.

“Dana transfer Pusat ke Papua Barat meliputi dana alokasi umum sebesar Rp7,73 triliun, dana bagi hasil Rp 905,06 miliar, dana otonomi khusus Rp4,09 triliun, dana alokasi khusus fisik Rp1,43 triliun, dana alokasi khusus non-fisik Rp 919, 45, miliar, dana insentif daerah Rp191,52 miliar; dan dana desa Papua Barat pada tahun 2021 mendapat alokasi sebesar Rp 1,55 triliun,”bebernya.(me)

Continue Reading

Adat

Bertemu Relawan Warmpramasi, Alyosius: Perjitu Strategi Dan Komitmen Relawan Wujudkan Kemenangan HEBO

Published

on

Ketua Tim Pemenangan HEBO, Alyosius Siep.

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Ketua Tim Pemenangan HEBO Alyosius Siep mengatakan, menjelang Pilkada Manokwari, Tim relawan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari tahun 2020, Hermus Indou dan Edy Budoyo (HEBO) terus memperjitu strategi dan komitmen untuk mewujudkan kemenangan HEBO.

“Kemenangan HEBO sudah ada tinggal kerja untuk mendapat kemenangan itu. Jadi mari tim relawan kita perjitu dan jaga strategi kita untuk mewujudkan kemenangan itu, Karena Hermus-Budoyo adalah calon pemimpin yang layak pimpin manokwari,”ungkap Alyosius, saat berjumpa tim relawan di dataran Warmpramasi dengan Paslon Hermus-Budoyo, Kamis (26/11/2020).

Pada kesempatan itu, Alyo juga mengingatkan relawan maupun warga masyarakat Warmpramasi agar waspada dengan isu kartu gratis. Kartu yang menggratiskan penyediaan perumahan, pendidikan, kesehatan yang sesungguhnya hal tersebut merupakan program wajib Pemerintah Daerah.

“Jika paslon HEBO bilang program itu tidak benar itu wajar, kita bisa buktikan itu berdasarkan data, persoalan kesehatan itu ada Jamkesmas juga KIS, Dan agar dipahami masyarakat bahwa pendidikan gratis itu sudah diberlakukan sejak masa pemerintahan almarhum Demas. Jika sekarang ada yang bilang masih bayar mungkin itu uang komite yang sudah disepakati antara orang tua dan pihak Sekolah.

Pemda hanya menangani soal pendidikan jenjang SD dan SMP, sedangkan SMA dan perguruan tinggi itu kewenangan Pemprov dan Pusat.

Ketua Perindo Kabupaten Manokwari ini juga mengatakan, Dukungan 8 parpol dengan 19 kursi di DPRD Manokwari itu tidak sembarang, ini benar-benar menunjukan sangat besar potensi kemenagan HEBO.

Sementara Hermus dalam arahannya mengatakan, jika mau menang maka tugas kita adalah menjaga tempat pemungutan suara (TPS) guna memperoleh hasil pemungutan yang sesuai. Sehingga tidak terkesan menang hanya di baliho, tweter, facebook, sebab kemenangan yang pasti itu ada dihati rakyat dan TPS.

“Bukan facebook, memangnya facebook yang kasih menang kita kah?. Tugas tim adalah mengajak masyarakat ke TPS untuk memilih, sehingga tidak ada yang golput. Tim harus memberikan pemahaman baik kepada warga, termasuk program kerja HEBO,”ujarnya

Tim harus kerja sama, saling merangkul karena jika kebersamaan itu dipupuk maka kemenangan HEBO akan terwujud. Dukungan untuk HEBO sudah jelas sehingga diharapkan tim relawan bekerja sesuai tugas masing-masing.(advetorial)

Continue Reading

Headline

Cuaca Buruk, Basarnas Manokwari Patroli di Wilayah Pantura

Published

on

Badan Search dan Rescue Nasional (Basarnas) Manokwari, saat berpatroli dan mengunjungi panti di jalur Pantura.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Badan Search dan Rescue Nasional (Basarnas) Manokwari, mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah terutama di bidang pelayaran terkait pengaruh cuaca buruk akhir-akhir ini, dengan melakukan patroli, Selasa (17/11/2020).

Wilayah yang disisir, yakni Pantai Utara (Pantura) Manokwari Utara hingga ke Distrik Prafi Kabupaten Manokwari.

Pada kegiatan patroli ini melibatkan tujuh personil dengan menggunakan 2 Rescue Car, dilengkapi peralatan evakuasi, seperti life jacket, chainsaw, tandu, dll.

Patroli ini turut serta, Kepala Basarnas Manokwari George L. Mercy Randang, S. IP., M. A. P bersama Kaur Umum Ma’tan Pakidi, S. Kom dan Kasubsi Sumber Daya Maria Irianti, S.T.

Selain menggelar partoli, Basarnas Manokwari juga menggelar silaturahmi dengan anak-anak Panti Asuhan Fajar Timur yang berada di Jalur Pantai Utara Manokwari, serta membagikan paket sembako.

Nampak terlihat para penghuni panti menyambut baik kehadiran personil Basarnas Manokwari, karena mendapat pengetahuan tentang SAR, evakuasi mandiri dan bernyayi bersama.

“Sembako juga dibagikan kepada warga sekitar sepanjang perjalanan yang membutuhkan, sekaligus memberikan penyuluhan Basarnas selalu siap 24 jam saat dibutuhkan dan memberikan nomor Energency call,” ungkap Humas Basarnas Manokwari, M. Hairul melalui rilisnya, Selasa malam.(rls/jp)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta