3.1 C
Munich
Kamis, Januari 20, 2022

Pemprov Papua Barat Dukung Proyek Perubahan Penyusunan Data Keagamaan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Mohamad Lakotani SH, M.Si mendukung proyek perubahan penyusunan data keagamaan dan pembuatan sistem Aplikasi e-Data organisasi sosial keagamaan.

Ini dibawakan dalam laporan akhir proyek perubahan oleh Kepala Bagian Bina Mental dan Spiritual, Biro Pembangunan Setda Provinsi Papua, Yan Piet Moso dalam Diklat PIM II di Jayapura.

Menurut Wagub, setelah diwujud nyatakan maka akan sangat membantu pemerintah provinsi dalam hal pendataan dan juga upaya terobosan baru dan tuntutan transparansi anggaran dalam sebuah birokrasi pemerintahan.

“Kami berikan dukungan dari proyek perubahan terkait sistem data organisasi keagamaan ini,” sebut Lakotani Jumat (15/11/2019), saat menandatangi surat pernyataan pemberian dukungan diruang kerjanya.

“Dalam hal menyediakan data elektronik secara online, maka bisa diakses secara langsung oleh para pemuka dan denominasi gereja. Saya pikir ini pemikiran maju bagi ASN kita,” jelasnya.

Sementara, Yan Piet Moso mengatakan gagasan inovasi ini sesuai yang diharuskan Lembaga Administrasi Negara (LAN), dalam laporan akhir setiap peserta Diklat PIM II dan implementasi kebijakan pembangunan di daerah.

Selain itu, ini juga sesuai visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat, dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

“Bertolak dari visi dan misi itu, maka dalam laporan akhir Diklat PIM II, saya coba membuat suatu gagasan inovasi terkait proyek perubahan melalui aplikasi e-data,” ucapnya.

Dia menambahkan, saat ini kewenangan dalam urusan keagamaan terkait bantuan keagamaan dari hibah dan bantuan sosial, masih menjadi persoalan karena hampir semua lembaga keagamaan di kabupaten/kota, mengajukan bantuan ke provinsi.

Padahal, yang berwenang adalah Pemda kabupaten/kota setempat. Provinsi hanya mengurus GKI tingkat Sinode, juga setara tingkatan 4 agama lainnya.

“Gagasan inovasi terkait e data ini tentu akan sangat membantu. Data ini akan ditayangkan secara online dan ofline. Rencana dilaunching pada Minggu pertama bulan Desember 2019, dan akan disosialisasikan,” tandasnya.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta