19.4 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Orpa : Kegiatan Orientasi DPRD Memberi Pemahaman Tugas dan Fungsi Dewan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Setelah mengikuti orientasi tugas dan fungsi DPRD kabupaten Manokwari. Banyak kesan yang didapat oleh mereka selama mengikuti orientasi tersebut.

Karena materi yang diberikan mencakup semua hal, dan akan menjadi bekal bagi mereka untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Kegiatan orientasi memberikan banyak pemahaman baru, misalnya tugas dan fungsi dewan seperti menyusun peraturan daerah, pengawasan program dan penyusunan anggaran,” kata anggota DPRD Manokwari, Orpa Tandiseno, Senin (28/10/2019).

“Termasuk kita tau DPRD ini posisinya sejajar dengan eksekutif, sehingga apa yang dilakukan oleh pemda wajib diketahui oleh dewan,” tambah Politisi Hanura tersebut.

Dia mengatakan dengan mengikuti orientasi maka anggota DPRD tidak salah dalam mengawal apa yang menjadi aspirasi konstituennya.

Orientasi merupakan bagian dari fasilitasi sekretariat dewan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para legislator. Pembekalam dalam orientasi diberikan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua Barat.

Tujuan dari kegiatan orientasi untuk mengembangkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI.(tik)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta