17 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

Menuju Era Tatanan ‘New Normal’ SOP Bidang Pariwisata Papua Barat Sedang Disiapkan

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Dalam rangka menuju era tatanan ‘New Normal’, Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat, tengah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus di bidang pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabia mengatakan penyusunan SOP ini secara berjenjang mulai dari pusat hingga ke daerah, dan akan segera dilaporkan kepada Gubernur Papua Barat.

“Intinya SOP sementara kami siapkan,” ujar Wabia.

Selain itu, dia mengatakan pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap pariwisata di Papua Barat. Bahkan banyak pelaku usaha di bidang pariwisata yang telah merumahkan karyawannya, karena wisatawan mancanegara macet total sejak beberapa waktu lalu ketika akses transportasi udara dan laut ditutup.

“Saat ini kita harapkan virus ini cepat berakhir, sehingga aktivitas di bidang pariwisata bisa aktif kembali. Dan khusus karyawan dibidang pariwisata bisa kembali bekerja lagi, dan melanjutkan hidup mereka,” ucap Wabia.

Dia juga mengatakan saat ini, akses transportasi udara dan laut sebagian daerah di Papua Barat, sudah dibuka, termasuk Sorong, Manokwari dan Teluk Wondama, dengan demikian sangat dimungkinkan para wisatawan akan mulai berdatangan lagi ke daerah tersebut.

“Kemungkinan akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat dan tempat wisata lainnya di Papua Barat. Untuk itu SOP ini juga diupayakan finish secepatnya, sehingga wisatawan yang berkunjung mematuhi SOP itu,” tukasnya.

Yusak menambahkan, dalam hal normalisasi di bidang pariwisata tetap harus mematuhi Protokol Covid-19, menjaga jarak, menggunakan masker, dan para wisatawan di periksa baik rapid test maupun swabnya.(alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article