19.4 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Keluarga Jadi Fokus perhatian di Tahun Emas HKG TP-PKK Ke-50 Tahun 2022

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Diusia Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP-PKK ke-50 tahun 2022, dianggap sangat istimewa.

Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari, Ny Febelina Indou mengatakan, peringatan HKG TP-PKK ke-50 Tahun 2022 merupakan peringatan tahun emas Gerakan PKK di Indonesia. Melalui peringatan ini, pendamping hidup orang nomor 1 di Manokwari menginginkan agar Gerakan PKK Kembali pada rohnya, yaitu sebagai Gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

“Artinya keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita budayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat.
Sehingga apabila keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,”kata Ny Febelina saat membacakan sambutan Ketua Umum TP-PKK Ny Tri Tito Karnavian, Selasa (15/3/2022) di aula Gedung TP PKK Sowi Manokwari.

Oleh karena itulah, menjadi sangat beralasan bilamana tema peringatan hari kesatuan gerak PKK yang ke-50, tahun 2022 ini adalah, “lima puluh tahun gerak PKK : berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama”

Tema tersebut lebih lanjut Febelina bahwa harus menjadi tekad kita Bersama, ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya Gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Selama 50 tahun perjalanan PKK ini memberi kita banyak pelajaran bahwa upaya memperdayakan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan dengan hati dan niat yang tulus.

Momentum peringatan HKG-PKK juga tentu harus mampu didayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program kerja.

“Untuk melakukan hal itu sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana kita sepakati Bersama dalam forum rapat kerja nasional(Rakernas) IX PKK tahun 2021,”sebut Febelina

Karena pada hakekatnya program – program PKK dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran ketika semua itu di kelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik.

“Saya berharap, agar momentum peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 50 tahun ini, menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam artian luas,”ujarnya

Karena tambah Febelina, TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan program pemerintah. Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas tim penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta