Connect with us

Hukrim

Kejati Papua Barat Resmikan www.kejati-papuabarat.go.id

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Yusuf, SM, MH, meresmikan peluncuran website resmi Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Kamis (20/2/2020).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Papua Barat, para Asisten, 5 Kepala Kejaksaan Negeri, yakni Kajari Manokwari, Kajari Sorong, Kajari Bintuni, Kajari Fakfak dan Kajari Kaimana, serta Kepala Kantor Bank BNI Kanwil Papua.

Website kejaksaan Tinggi Papua Barat, www.kejati-papuabarat.go.id. dibuat untuk mengakomodir tuntutan transparansi dalam penyelenggaraan tugas dan kewenangan, sebagai upaya pemberian pelayanan publik yang lebih berkualitas.

Ada 4 konten andalan yang dapat digunakan oleh masyarakat. Pertama. Akses laporan perilaku tercela jaksa. Kedua, laporan pengaduan Tipikor. Ketiga, laporan masyarakat terkait tupoksi aliran keagamaan dan kepercayaan dan keempat, laporan investasi dimana mereka menerima laporan terkait kesulitan didaerah masing masing terkait investasi.

Selain itu, terdapat konten daftar buronan. Dengan harapan, ada timbal balik informasi masyarakat setelah mengetahui informasi buronan tersebut. Masyarakat dipersilahkan untuk mengakses dan mengetahui lebih lanjut tentang konten yang tersedia di dalam web tersebut.(red)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Cegah Corona, Kapolres Minta Anggota dan Bhayangkari, Gencar Lakukan Sosialisasi

Published

on

Kapolres Kaimana, AKBP Iwan P Manurung, SIK.

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Kapolres Kaimana, AKBP Iwan P Manurung, SIK, meminta anggotanya gencar melakukan sosialisasi pencegahan dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di masyarakat.

“Polri sebagai unjung tombak maka harus berperan aktif memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan Virus Covid-19, sesuai instruksi Kapolri,” ucap Kapolres, pada upacara sertijab kasat Intelkam, Kamis (2/4/2020) kemarin.

Kapolres juga meminta kepada seluruh anggota dan bhayangkari, agar menjaga kesehatan di tengah Pandemi Covid-19, serta banyak memberikan pemahaman dan himbauan kepada sesama anggota, maupun seluruh masyarakat Kaimana.

“Saya minta kepada seluruh anggota dan bhayangkari, dengan adanya penyakit Covid-19, maka semuanya tetap menjaga kesehatan, peduli dengan orang disekitar, jaga jarak dan hindari komunikasi secara dekat dengan teman yang baru pulang dari luar Kaimana,” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres berharap para anggota dapat memonitor situasi dan perkembangan dilapangan yang berpotensi terjadi gejolak, terutama terkait kelangkaan bahan pokok.

“Sebagai anggota Polri, kita harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat demi terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kaimana,” tukas Kapolres.(lc)

Continue Reading

Hukrim

Cegah Corona, Sidang Lanjutan Perkara Makar Lewat Teleconference

Published

on

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Pengadilan Negeri Manokwari kembali melanjutkan sidang perkara makar, dengan agenda pemeriksaan saksi, Kamis (2/4/2020).

Sidang kali ini, ketiga terdakya yaitu Erik Aliknoe, Pende Mirin dan Yunus Aliknoe, tidak dihadirkan secara fisik, namun melakukan komunikasi jarak jauh (teleconference), demi mencegah penularan virus corona.

Sementara itu, pada sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU), menghadirkan saksi mantan anggota DPRD Manokwari berinsial TK dan oknum Anggota MRPB berinisial WAR.

Dalam sidang itu, saksi TK, mengatakan unjuk rasa yang digelar pada tanggal 3 September 2019 di Jalan Gunung Salju Amban, adalah aksi protes terhadap ujaran rasisme yang murni dilakukan oleh masyarakat asli Papua, bukan dari kelompok tertentu.

“Saya perlu tegaskan, unjuk rasa 3 September itu murni dari rakyat Papua yang menolak ujaran rasis, bukan dari kelompok KNPB,” ujarnya dihadapan majelis hakim.

Selain itu, TK juga mengatakan saat diminta menandatangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh penyidik polisi, ia sempat mencoret kalimat yang memuat tentang keterlibatan KNPB di dalam BAP-nya tersebut.

“Mohon izin yang mulia, perlu saya luruskan, saat saya diminta untuk tandatangani BAP oleh penyidik polisi, saya sudah mencoret kalimat tentang keterlibatan KNPB. Saya coret pakai bolpoint,” jelasnya.

Diapun tak menampik, dalam aksi unjuk rasa di Amban, ada pengibaran dua buah bendera bintang kejora, namun tidak melihat siapa pelakunya.

“Saya juga hadir saat aksi 3 September sebagai senior Mahasiswa di Unipa, tapi hanya sebatas menyaksikan, bukan terlibat aktif. Benar, ada dua BK yang dikibarkan, tapi tidak terlihat jelas siapa oknum yang mengibarkan, dan kelompok pengunjuk rasa berada dalam satu barisan sementara arah lemparan ke aparat berasal dari luar barisan pengunjuk rasa,” jelasnya.

Sementara, saksi WAR menjelaskan terkait agenda rapat yang digelar pada tanggal 30 Agustus 2019 di gedung serba guna salah satu gereja di Manokwari.

“Agenda rapat itu sesuai tugas saya sebagai ketua Pokja Adat di MRPB untuk menjaring aspirasi masyarakat dengan tujuan pembentukan tim untuk berdialog dengan Presiden,” ucapnya.

Saksi WAR menyatakan agenda rapat yang dipimpinnya tidak dilanjutkan atau tidak ada hasil yang disepakati karena masyarakat menolak rencana pembentukan tim dialog yang ia usulkan.

Bahkan, WAR menyatakan jika rapat yang digelar itu sama sekali tidak ada hubungan dengan rencana unjuk rasa pada tanggal 3 September 2019.

“Hasil rapat tidak ada, karena aspirasi perwakilan masyarakat saat itu menolak dibentuknya tim untuk agenda dialog dengan Presiden. Saya juga tegaskan, rapat itu tidak berhubungan dengan aksi unjuk rasa 3 September 2019,” ujarnya.

Sementara, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Benoni A.Kombado, hanya membacakan kesaksian tertulis dari dua anggota polisi berinial RDC dan RFK yang saat ini telah berpindah tugas di luar wilayah hukum Pengadilan Negeri Manokwari.

Untuk agenda sidang selanjutnya, JPU akan hadirkan tiga saksi ahli untuk memperkuat dakwaan JPU terhadap tiga terdakwa.

Ketua Majelis Hakim, Sonny A.B.Loemory selanjutnya menunda sidang dan akan dilanjutkan Selasa 7 April 2020. Penundaan sidang ini setelah keterangan para saksi diterima oleh tiga terdakwa dan tim kuasa hukumnya dipimpin Yan Christian Warinussy, SH. (akp)

Continue Reading

Headline

Cegah Covid-19, Anggota Polres Kaimana Lakukan Screaning Suhu dan Penguapan

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Kepolisian Resort (Polres) Kaimana, melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat screaning kepada seluruh anggota, sebelum memasuki Mako Polres, Kamis (26/3/2020).

Kapolres Kaimana AKBP Iwan P Manurung.SIK, saat di konfirmasi wartawan, mengatakan pemeriksaan kepada seluruh anggota ini dengan tujuan mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) dijajaran Polres Kaimana.

“Jadi pemeriksaan screaning suhu tubuh ini dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 bagi anggota,” ucap Kapolres.

Selain pemeriksaan screaning, juga dilakukan penguapan disinfektan untuk semua anggota didalam ruangan khusus.

“Ruangan khusus penguapan ini juga akan digunakan kepada masyarakat yang akan memasuki halaman Mako Polres. Tujuannya tentu memutuskan mata rantai Covid-19,” tandas Kapolres.(lc)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta