17 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

Kapolda Ingatkan Jajaran Polres Perketat Pengawasan Prokes Saat Sholat Idul Fitri

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.Ik.MSi mengingatkan kepada Polres dan jajaran di Papua Barat agar memperketat pengawasan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 baik pada saat sholat ied maupun selama perayaan idul Fitri 1442 H tahun 2021

Hal ini sesuai  surat edaran (SE) Menteri agama 07 tahun 2021tentang panduan sholat idul fitri. Selain itu, membutuhkan peran aktif dan perhatian serius panitia perayaan agar tetap mengacu pada aturan yang ada.

Semua umat muslim wajib melaksanakan beberapa point sesuai SE Kemenag RI yaitu masyarakat menggunakan 50 % kapasitas masjid dan mushola, sedangkan takbir keliling ditiadakan karena mengantisipasi kerumunan.

“Bagi wilayah yang zona merah agar melaksanakan di rumah masing masing, sementara untuk zona orange, zona hijau dan kuning boleh melaksanakan sholat ied di tempat yang sudah ditentukan,” sebut Kapolda, Selasa (11/5/2021) saat memberikan arahan kepada Polres jajaran secara virtual, didampingi Irwasda dan Pejabat Utama Polda Papua Barat.

Dalam arahannya ia mengatakan, tidak menginginkan terjadi peningkatan angka covid-19 di wilayah Papua Barat, untuk itu  personil yang bertugas dilapangan untuk selalu mengingatkan panitia perayaan Idul Fitri mematuhi protokol kesehatan.

“Saya tidak ingin angka covid meningkat pada pelaksanaan sholat idul fitri, oleh karenanya penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan seperti
menggunakan alat pengukur suhu, semua jamah agar menggunakan masker saat sholat ied hingga selesai, serta agar panitia menyiapkan masker untuk mengantisipasi ada umat yang tidak membawa masker saat sholat” ucap Kapolda

Menurut Kapolda, selama pelaksanaan ibadah Idul Fitri akan juga diamankan oleh personil Polri, TNI, dan instansi lainnya guna menjamin rasa aman selama pelaksanaan ibadah.

Sementara, Ketua MUI Provinsi Papua Barat H. Ahmad Nausrau, S.PdI, MM juga menghimbau kepada masyarakat Papua Barat untuk disiplin mematuhi prokes pada ibadah Idul Fitri 1442 H.

“Mari mentaati protokol kesehatan karena kita akan melaksanakan sholat idul fitri yakni dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak bersalaman, sehingga kita sehat, keluarga sehat dan insyaallah wabah covid-19 bisa kita hindari” imbau H. Ahmad.(JP/ADV)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article