12.7 C
Munich
Selasa, September 21, 2021

Ini Harapan Bupati Manokwari Saat Lantik 26 Kepala Kampung

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, SIP, MH, resmi melantik 26 kepala Kampung dari dua Distrik, Prafi, Masni dan PAW Distrik Sidey, Selasa, 23 Agustus 2021.

Bupati berharap kepada para kepala Kampung yang baru dilantik agar memperhatikan kedudukan, tugas dan fungsi serta wewenangnya sebagai Kepala Kampung.

“Ini penting dalam rangka mengawal penyelenggaraan pemerintahan Kampung serta, melaksanakan program pembangunan baik dari program pemerintah seperti dana desa, alokasi dana kampung, dana prospek, dan lainnya,” ucap Bupati.

“Selain itu juga diperlukan adanya perencanaan yang matang dengan melibatkan semua unsur masyarakat seperti Bamuskam, RT/RW dan komponen masyarakat lainnya,” tukas Bupati.

Menurut Bupati, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan untuk memperoleh dukungan dalam pelaksanaannya, sehingga beban saudara-saudara di kampung sebagai penangung jawab pembangunan kampung menjadi lebih ringan.

“Dalam setiap pelaksanaan tugas dan program pembangunan, para kepala kampung harus berorientasi pada hukum dan aturan yang telah ditentukan, laksanakan semua program dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan,” ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati dalam pelaksanaan pembangunan, para Kepala Kampung harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan, dan tidak berfikir untuk mencari keuntungan dalam setiap pelaksanaan program pembangunan.

“Sebagai pemimpin masyarakat dalam melaksanakan tugas dan program pembangunan Kepala Kampung harus berorientasi pada pengabdian dan pelayanan, karena masih ada kepala kampung yang tidak mengerti dirinya dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat banyak yang tidak terlayani,” tukas Bupati

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan SE Menteri Keuangan Nomor 2 tahun 2021 dan instruksi Menteri Desa Nomor 1 tahun 2021, dimana pemerintah kampung wajib menganggarkan 8 % dari jumlah total Dana Desa untuk penanggulangan Covid-19 di masing masing kampung.

“Maka tim yang sudah dibentuk di kampung, harus dapat bekerja maksimal, berkoordinasi dengan semua pihak untuk dapat menekan tingkat penyebaran Covid 19 di Manokwari,” tutup Bupati.(jp/alb)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article