3.1 C
Munich
Kamis, Januari 20, 2022

IJMS Dilantik, Wabub Rengkung: Tangkal Hoax Dan Dorong Pembangunan Di Mansel

Must read

RANSIKI,JAGATPAPUA.com– Ikatan Jurnalis Manokwari Selatan (IJMS) resmi dilantik ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat, Bustam.

Pelantikan itu, disaksikan Wakil Bupati Mansel, Wempi Rengkung beserta jajarannya, Sabtu (13/11/2021) di Ransiki.

Wabub Rengkung dalam sambutannya, mengatakan, Perkembanga informasi teknologi dewasa ini sering dihadapkan dengan munculnya informasi yang tidak valid atau sering disebut dengan berita hoax.

Maraknya informasi hoax ditengah masyarakat seringkali menimbulkan presepsi buruk dari masyarakat, terhadap kehadiran insan pers.

Mendasari hal itu, lebih lanjut Rengkung, para pekerja pers yang ada di kabupaten Mansel bermufakat untuk membentuk Ikatan Jurnalis Manokwari Selatan (IJMS), yang nantinya memiliki tugas besar untuk menangkal berita Hoax di wilayah tersebut.

“Dengan melahirkan karya-karya jurnalistik yang akurat, mendidik, dan dapat dipertanggung jawabkan,”kata Rengkung.

Keberadaan insan pers yang terhimpun dalam IJMS, di sisi lain turut membantu pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan di kabupaten manokwari selatan sehingga pembangunan yang dilaksanakan menjadi tepat sasaran serta dapat menyentuh masyarakat Mansel secara menyeluruh.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pers juga memiliki fungsi kontrol terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, yang harus didukung penuh dengan keterbukaan informasi publik oleh setiap pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan di daerah

“Pimpinan OPD tidak boleh alergi terhadap wartawan,”tandasnya

Dengan dikukuhkannya IJMS periode kepengurusan 2021- 2023 yang nantinya akan dilanjutkan dengan rapat kerja 1 ini , diharapkan dapat melahirkan program kerja yang nyata untuk mengawal keterbukaan informasi publik, sekaligus mendorong program yang bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendorong laju pembangunan di kabupaten manokwari selatan.

“Saya berpesan kiranya kelahiran IJMS dapat menjadi media edukasi bagi masyarakat mansel sehingga tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan berita hoax yang kerap kali beredar di tengah-tengah masyarakat,”pesan Rengkung.(jp/nae)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta