5.8 C
Munich
Senin, Oktober 25, 2021

HUT Provinsi Papua Barat Ke-22 Tahun, Gubernur Apresiasi Peran Tokoh Pemekaran

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Berdirinya Provinsi Papua Barat yang ke 22 tahun, pada 12 Oktober 1999 – 12 Oktober 2021.

Upacara bendera dipimpin langsung oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dihadiri Tim Pemekaran 315 dan seluruh pejabat Forkopimda di tingkat provinsi, Selasa, (12/10/2021).

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengajak merenungkan kembali hakekat lahirnya provinsi Papua Barat untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua Barat. Menurutnya usia 22 tahun adalah sebuah perjalanan pendewasaan sebagai provinsi.

Berdirinya Provinsi Papua Barat tidak terlepas dari terbitnya Undang Undang Nomor 45 Tahun 1999 yang diperkuat dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Percepatan Pelaksanaan UU 45 Tahun 1999 oleh Presiden RI saat itu, Megawati Soekarno Putri.

“Kita bersyukur karena peranan tim 315 dan semua pihak terkait sehingga provinsi ini berjalan sebagai penyelenggara pemerintahan yang sah di Papua setelah direaktifitas,”ucapnya.

Apresiasi juga diberikan kepada
DPRD Irian Jaya yang telah mengeluarkan SK NOMOR 10 TAHUN 1999 tentang Persetujuan Pemekaran Provinsi Irian Jaya menjadi tiga provinsi bersama Gubernur Irian Jaya saat itu, Almarhum Jap Solossa.

“Lintasan sejarah ini penting sebagai pengingat kita bersama tentang apa yang telah terjadi dan mendorong kita bergandengan tangan membangun Papua Barat,” pungkasnya. (jp/joi)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta