9.1 C
Munich
Sabtu, September 25, 2021

HUT Pattimura ke-204 Tahun, Hermus Ajak Warga Maluku Terus Bangun Rasa Nasionalisme

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Bupati Manokwari, Hermus Indou SIP,.MH mengajak seluruh warga masyarakat Maluku yang ada di Manokwari untuk terus membangun rasa Nasionalisme, Patriotisme juga semangat perjuangan untuk melanjutkan perjuangan para terdahulu.

“Sejarah adalah setiap peristiwa yang terjadi pada masa lampau tetapi berimplikasi melahirkan peradaban peradaban yang dirasakan dari generasi ke generasi. Dan saya percaya keberadaan kita semua hari ini tidak terlepas dari setiap peristiwa yang terjadi di masa lalu,”ungkap Bupati Hermus pada HUT Pattimura ke-204 Tahun, Jumat (7/5/2021) di lapangan ex kantor Bupati Manokwari.

Untuk itu, warga Maluku harus menjadi generasi yang tahu menghargai sejarah, sebab menghargai sejarah adalah bagian dari upaya untuk menghadirkan berkat tuhan di dalam kehidupan kita. Sekalipun kita ada di tanah rantau tetapi kita pastikan bahwa semangat perjuangan itu tetap kokoh. Untuk memajukan daerah khususnya di kabupaten manokwari.

“Saya berharap agar rasa nasionalisme dan persatuan itu juga kemudian mempersatukan kita dari berbagai pandangan politik dan berbedaan lain,”harap orang nomor 1 di Manokwari ini.

HUT Pattimura dilaksanakan setelah belum lama pelaksanaan Pemilu, situasi politik sudah dilewati bersama sehingga diharapkan melalui kegiatan ini mempersatukan seluruh anak maluku tetapi juga suku lainnya di Manokwari.

Jadikan momentum ini, untuk meningkatkan rasa persatuan kekeluargaan tapi juga meningkatkan kerukunan antar umat beragama dan antar golongan masyarakat terlebih khusus diinternal keluarga maluku tetapi juga kepada kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Ia berharap manokwari akan dan terus menjadi tanah yang damai, keamanan dan perdamaian terus dibangun. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama, saling menerima perbedaan.

Menurut Bupati, Keluarga besar maluku sudah dipakai Tuhan untuk membangun dan melanjutkan peradaban di tanah ini, karena itu warga maluku di Manokwari juga adalah orang papua. Papua tidak hanya identik dengan yang berambut keriting dan berkulit hitam tetapi papua berbicara tentang orang-orang yang memiliki hati dan integritas untuk membangun tanah ini.

Untuk karena kegiatan ini sangat bermakna positif bagi kita semuanya pemerintah kabupaten manokwari dengan keterbatasannya akan tetap berikan dukungan supaya kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan diharapkan tidak hanya tahun ini tapi tahun-tahun yang akan datang kegiatan ini akan terus dilakukan

“Kegiatan ini akan terus menggerakan semua orang untuk hadir dan membuat Manokwari terus aktif dan masyarakat melaksanakan aktivitasnya dengan aman,”Tutup Bupati.

Sebelumnya, Bupati secara resmi membuka perayaan HUT Pattimura tersebut, kemudian dilanjutkan dengan jalan santai dan membersihkan Kota Manokwari yangmyang seluruh warga Maluku di Manokwari serta pihak pemerintah terkait dan para tokoh.(JP/AR)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article