26 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Hindari Kekosongan Jabatan, DPRPB Segera Usulkan Pengganti Sekwan Ke Gubernur

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPRPB) segera mengusulkan pengganti Sekretaris Dewan (Sekwan) kepada Pj Gubernur PB.

Hal itu penting dilakukan agar tidak terjadinya kekosongan jabatan Sekwan DPR Papua Barat, mengingat ada sejumlah agenda penting kedewanan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Supaya tidak terjadi kekosongan jabatan, kami segera usulkan ke bapak Pj Gubernur untuk menunjuk Plt Sekwan dalam Minggu ini,”kata Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, Jumat (28/7/2023) pagi tadi.

Menurut politisi Golkar ini bahwa, Jabatan Sekwan tidak boleh kosong dalam waktu lama karena masih ada agenda penting yang akan dilaksanakan termasuk agenda pembahasan APBD Perubahan T.A 2023 dan RAPBD Induk T.A 2024.

“Kami juga akan meminta kepada Pj Gubernur agar dalam penunjukan Sekwan harus yang paham melakukan tugasnya sebagai Sekwan,”ujar Wonggor.

Terkait kasus saat ini yang menjerat Sekwan DPR Papua Barat tambah Wonggor, diserahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Sebelumnya, pada Kamis (27/7/2023) tadi malam, Sekwan DPR Papua Barat telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pemecahan terhadap tujuh paket proyek oleh penyidik Kejaksaan tinggi Papua Barat.

Tahun 2021, Sekretariat DPR Papua Barat menerima alokasi anggaran pemeliharaan halaman kantor, belanja bahan pembersih, serta konsumsi pimpinan dan tamu senilai Rp4,38 miliar.

Pelaksanaan tujuh paket pekerjaan itu baru dimulai tahun 2022, padahal anggarannya telah dicairkan dan diterima tersangka setahun sebelumnya.

Perbuatan tersebut diduga merugikan keuangan negara sekitar Rp600 miliar sesuai perhitungan penyidik Kejati Papua Barat.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta