-0.6 C
Munich
Jumat, Desember 9, 2022

Hargai Otsus, Kelompok OPM Diharapkan Sudahi Perlawanan Terhadap NKRI, Mari Bersama Bangun Papua

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor SIP mengatakan, seharusnya konflik multidimensi yang berkepanjangan sejak 1962 telah diakhiri sejak lahirnya Otonomi Khusus Papua Tahun 2001.

Pemberlakuan Otonomi khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua dan Papua Barat didasarkan pada UU nomor 21 tahun 2001 Jo UU Nomor 35 Tahun 2008. Yang direvisi melalui UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

“Kenapa konflik itu seharusnya sudah diakhiri sejak lahirnya Otsus? karena Otsus adalah sebuah hasil kompromi politik antara masyarakat Papua dan pemerintah pusat untuk menyelesaikan konflik multidimensi yang berkepanjangan sejak tahun 1962″Ungkap Wonggor memberikan tanggapan dalam rangka memperingati Hari Otsus Papua, Senin (21/11/2022).

Di momen Peringatan hari Otsus ini, Wonggor mengajak semua masyarakat Papua barat termasuk para kelompok yang mengatasnamakan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sedang berjuang melawan NKRI agar sudahi perlawanan dan perselisihan.

“Mari bangun Papua Barat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ajak politisi Golkar ini.

Ia berharap Hari Otsus ini dijadikan sebagai momen penting untuk mendukung pelaksanaan Otsus demi terwujudnya kesejahteraan rakyat Papua barat.

“Otsus adalah peluang bagi OAP untuk menjadi tuan di negerinya sendiri hanya kembali kepada kita masing – masing termasuk pemerintah untuk bagaimana menerjemahkan Otsus dalam pembangunan dan masyarakat,”tuturnya

“Saya juga mengajak kepada saudara saudara saya yang tergabung dalam Kelompok Papua merdeka agar mari bersama membangun tanah Papua dengan cara-cara kita yang baik,”ajaknya lagi

Menurut Wonggor, berbeda pendapat itu wajar tetapi semua akan elok jika dibicarakan secara baik dengan pemerintah sehingga bisa mendapatkan solusi.

“Kita ingat bahwa Otsus hadir berangkat dari pergerakan Papua merdeka, Otsus bagian dari Solusi kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah. Jadi mari kita atur rumah kita sendiri,”tandas Wonggor.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta