-2 C
Munich
Selasa, Desember 7, 2021

Hampir Sebulan, 6 Daerah Di Papua Barat Krisis Vaksin Covid-19, Ini Upaya Pemprov

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Hingga saat ini, stok Vaksin covid-19 di 6 Kabupaten di Papua Barat tidak tersedia , sehingga pelayanan kesehatan penyuntikan Vaksin tersebut hampir sebulan tidak dilaksanakan.

“Yang menjadi kendala kita sekarang yaitu kosongnya stok vaksin di 6 kabupaten di Papua Barat sekarang mengalami kekosongan dosis vaksin, diantaranya, Wondama, Pegaf, Kaimana, Fak-Fak,”sebut Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan Kamis (20/5/2021).

Untuk mengisi kekosongan vaksin covid-19 tersebut, pemprov Papua Barat sedang berkoordinasi dengan pihak distributor Kimia Farma Jayapura untuk secepatnya mendistribusikan vaksin ke Daerah yang vaksinnya tidak tersedia.

“Stok vaksin di provinsi tidak ada lagi karena sudah didistribusikan ke kabupaten kota . Seperti kimia Farma Sorong langsung distribusikan ke dinas di daerah wilayah Sorong raya, untuk Manokwari raya tunggu distribusi dari Jayapura termasuk Kaimana Fak-Fak. Kondisi ini sudah berlangsung sekitar 3 Minggu,”ujar Parorongan.

ia mengaku, hingga saat ini koordinasi dengan distributor vaksin di Jayapura masih terus dilakukan, karena mereka diberikan kewenangan khusus dari biofarma pusat sebagai distributor di daerah. Jadi tenaga kesehatan hanya melaksnakan penyuntikan di fasilitas layanan kesehatan.

Ia menambahkan, terkait penyuntikan vaksin, bagi daerah yang stoknya tersedia setiap hari dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun Rumah Sakit.

“Sudah 36 Ribu masyarakat di Papua Barat yang mendapatkan vaksin covid-19. Target kedepan akan terus ditingkatkan, sehingga semua masyarakat divaksinasi,”tutup Parorongan.(JP/ADV)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta