18.4 C
Munich
Kamis, Juli 18, 2024

Gubernur Sebut 20 Tahun Usia Papua Barat, Pertumbuhan Ekonomi Terus Meningkat

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, memimpin upacara hari jadi Provinsi Papua Barat ke-20 tahun 2019, dilapangan upacara kantor gubernur, Arfai, Sabtu (12/10/2019).

Gubernur mengatakan, pertumbuhan ekonomi Papua Barat, terus mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Berdasakan data pertumbuhan ekonomi selama 20 tahun telah meroket mencapai 6,24 persen di tahun 2018.

“Pertumbuhan ekonomi kita selama 20 tahun ini kian membaik. Ini merupakan indikasi keberhasilan pembangunan,” ungkap gubernur.

Gubernur mengungkapkan tingkat Pengangguran selama kurung waktu 5 tahun terakhir bergerak turun, angka pengangguran tertinggi terjadi tahun 2017 dengan tingkat pengangguran sebesar 7,52 persen. Tetapi terus turun mendekati target RPJMD tahun 2020.

“Diharapkan semakin mendekati pencapaian target RPJMD tahun 2024, yaitu sebesar 4,6-5,0 persen,” sebut Gubernur.

Melalui capain ekonomi Papua Barat selama 20 tahun terakhir ini, dapat digambarkan melalui berbagai kemajuan di semua lini.

“Pembangunan dimana telah terkoneksi hampir seluruh kabupaten/kota di Papua Barat baik melalui laut, udara telah berkontribusi dalam proses pembentukan dan pembangunan sebagai fasilitas keamanan,” terang Gubernur.

Gubernur mengatakan walaupun ekonomi Papua Barat mengalami peningkatan, namun masih banyak tugas utama yang perlu diselesaikan demi menjamin kesejahteraan, kemakmuran masyarakat dan kemajuan Papua Barat.

Seperti peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan kontekstual untuk meningkatkan SDM Papua di Papua Barat, agar dapat bersaing sehat sejajar dengan provinsi lainnya, serta pengembangan komuditas unggulan daerah dan sektor pariwisata, peningkatan infrastruktur dasar, teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, perlu dilakukan peningkatan tata kelola pemerintahan (good governance), serta menjamin penggunaan dana pembangunan yang bersumber dari APBN maupun APBD tepat sasaran dan memastikan setiap nilai rupiah dari APBD dan APBN miliki manfaat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta