17 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

Dishut Papua Barat Usulkan Tambahan SDM Polisi Kehutanan dan Penyuluh

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Dinas Kehutanan (Dishut), Papua Barat mengusulkan penambahan tenaga Penyuluh dan Polisi Kehutanan (Polhut) Bidang Perlindungan dan Pengawasan hutan, untuk meningkatkan fungsi perlindungan dan pengawasan hutan diwilayah Provinsi Papua Barat.

Apalagi luasan Hutan di Provinsi Papua Barat sangat luas, namun dari sisi Sumberdaya manusia (SDM), Bidang Perlindungan dan Pengawasan masih minim dan itu pada tenaga Penyuluh dan Polhut.

“Penambahan ini sudah kita usulkan kepada Gubernur, melalui BKD agar disertakan kuota khusus Penyuluh dan Polhut pada penerimaan CPNS formasi 2021,” kata Kepala Dinas Kehutanan Papua Barat, Fredik Hendrik Runaweri, Rabu (16/06/2021).

Ia mengatakan dalam pengusulan itu, pihaknya meminta penambahan 200 tenaga Polhut dan 100 orang tenaga Penyuluh, yang akan ditempatkan pada 21 Unit Pelayanan Terpadu Daerah ( UPTD) Dinas kehutanan Provinsi Papua Barat.

“Kekurangan personel pada Polhut di daerah sangat berdampak terhadap lemahnya pengawasan hutan dari praktek penebangan liar di sejumlah kawasan hutan lindung maupun kawasan cagar alam,” jelasnya.

Dia merincikan di UPTD Dnas Kehutanan Teluk Wondama, tenaga Polhut hanya berjumlah 5 orang, sementara kawasan yang harus dijaga seluas 300 ribu hektare, sehingga sangat miris dan berpotensi terjadi penebangan liar.

“Selain kebutuhan SDM, 21 UPTD di Kabupaten/ Kota juga membutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan patroli dalam pengawasan, dan tentu akan melibatkan masyarakat adat, karena yang punya hak ulayat, kayu itu mereka,” pungkasnya.(jp/adv)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article