Connect with us

Kaimana

Dinas P3A Papua Barat, Gelar Rakornis Tahun 2020 di Kaimana

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Propinsi Papua Barat, mengelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Se-Papua Barat Tahun 2020 di Kabupaten Kaimana.

Gubernur Papua Barat dalam sambutannya, yang dibacakan staf ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Papua Barat Drs.Muhammad A Tawakal, mengatakan, salah satu isu strategis Pemerintah Propinsi Papua Barat adalah tata kelola Pemerintahan dan ini bukan hanya menjadi persoalan satu/dua daerah di Indonesia, tetapi menjadi isu yang hangat di bahas di seluruh Dunia.

“Kebutuhan akan tata kelola pemerintahan yang baik nyatanya di perlukan oleh seluruh masyarakat di belahan dunia manapun, namun kebutuhan terbesar dan paling krusial ada pada daerah-daerah yang sedang membangun dan mulai berkembang,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya tata kelola pemerintahan merupakan salah satu kunci suksesnya keberhasilan pembangunan.

“Kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan juga tergantung oleh baik atau tidaknya perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasannya serta prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, Partisipatif, efektivitas, efisien dan kepastian hukum, termasuk pemenuhan tumbuh kembang dan perlindungan anak dalam pelaksanaan kabupaten/kota layak anak ( KLA),” jelasnya.

Dia menyebutkan, sesuai Permendagri Nomor 67 Tahun 2011, tentang pedoman umum pelaksanaan pengarustamaan gender di daerah mengamanatkan bahwa didalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di daerah masih diperlukan peningkatan gender.

“Yang di maksud dengan peningkatan gender ini melalui beberapa faktor yakni, penguatan, kelembagaan, perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, dan kegiatan yang responsive gender. Oleh karena itu pemerintah daerah berkewajiban menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsive gender yang tertuang dalam RPJMD, rencana strategis SKPD dan Rencana kerja SKPD,” tandasnya.

Di akhir sambutan Muhamad A Tawakal menyampaikan pesan dari Gubernur Papua Barat yakni mengajak kita semua tanpa terkecuali untuk bersama-sama basmi yang namanya Narkoba, lem Aibon dan Miras.(lc)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaimana

Satgas Corona Kaimana Terima Bantuan 100 Alat Pelindung Diri

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Tim Satgas Corona Kabupaten Kaimana, telah menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Pemerintah Provinsi Papua Barat, Jumat (27/03/2020) lalu.

Juru bicara Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kaimana, dr. Alberth Kapitarauw menjelaskan bantuan yang diterima adalah Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju coverall sebanyak 100 buah.

“Kami mendapat bantuan dari Pemprov, berupa 100 buah APD. APD ini akan di bagi dua, 50 di RSUD, dan sisanya tetap di posko untuk selanjutnya akan didistribusikan sesuai kebutuhan lapangan,” ujar dr. Alberth, saar dikonfirmasi, Sabtu (28/3/2020).

Dia juga mengatakan minimnya tenaga medis di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kaimana, maka para perawat yang bertugas di IGD mulai besok diwajibkan memakai APD, saat menangani pasien.

“Ini sebagai bentuk proteksi kami terhadap tim medis, karna saat ini tim medis sebagai garda terdepan di RSUD Kaimana,” tutupnya.(lc)

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

PT. Makmur Sejahtera Permai, Jamin Pasokan Bapok Aman Ditengah Wabah Corona

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Manajer PT. Makmur Sejahtera Permai, Cabang Kaimana, Taofik Shio, memastikan ketersediaan bahan pokok (Bapok) aman, ditengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Bahkan, Taofik mematikan jika sewaktu-waktu pemerintah melakukan Lockdown pada pelabuhan laut dan udara, pihaknya dapat menjamin bapok tetap aman hingga satu bulan kedepan.

“Digudang kami masih ada stok beras dan minyak goreng. Maksimal bisa bertahan hingga satu bulan ke depan, untuk mencukupi kebutuhan warga Kaimana,” ungkapnya, saat ditemui, Sabtu (28/3/2020).

Dia juga mengaku jika kapal barang masih diijinkan masuk untuk melakukan pembongkaran dalam dua minggu, kebutuhan akan sembako dijamin dapat mencukupi hingga tiga bulan kedepan.

“Untuk stok beras dari ukuran 5 Kg hingga 25 Kg, masih tersedia sebanyak 4.600 Sak (karung). Kita juga masih punya stok beras di dua konteiner yang belum dibongkar di pelabuhan,” jelasnya.

Ditanya soal kemungkinan akan ada kenaikan harga kebutuhan pokok, ia mengatakan untuk harga jual masih tetap sama, belum ada kenaikan.

“Harga jual tetap, hanya kita akan batasi pengambilan dari para pengecer. Ini untuk mengantisipasi adanya penimbunan, apa lagi dengan situasi saat ini,” tutupnya.(lc)

Continue Reading

Kaimana

TNI/Polri Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas Umum, Gereja dan Masjid

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Untuk mencegah penyebaran virus corona, di Kabupaten Kaimana, 45 personil gabungan Kodim 1804 dan Polres, melakukan penyemprotan disinfektan secara masif, mulai 26-28 Maret 2020.

Target penyemprotan dihari pertama di antaranya, Pasar Inpres Kroy, taksi atau angkutan umum, RRI, PLN, Bank Mandiri, BRI krooy, Bank Papua, Bank BRI kota.

”Penyemprotan ini sebagai langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kaimana,” ujar Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Pomalantong Badiaraja Tambunan, Kamis (26/3/2020).

Dandim menambahkan, untuk Jumat (27/3/2020) dan Sabtu (28/3/2020), akan dilakukan penyemprotan disinfektan disejumlah masjid dan gereja.(lc)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta