Connect with us

Kaimana

Dinas P3A Papua Barat, Gelar Rakornis Tahun 2020 di Kaimana

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Propinsi Papua Barat, mengelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Se-Papua Barat Tahun 2020 di Kabupaten Kaimana.

Gubernur Papua Barat dalam sambutannya, yang dibacakan staf ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Papua Barat Drs.Muhammad A Tawakal, mengatakan, salah satu isu strategis Pemerintah Propinsi Papua Barat adalah tata kelola Pemerintahan dan ini bukan hanya menjadi persoalan satu/dua daerah di Indonesia, tetapi menjadi isu yang hangat di bahas di seluruh Dunia.

“Kebutuhan akan tata kelola pemerintahan yang baik nyatanya di perlukan oleh seluruh masyarakat di belahan dunia manapun, namun kebutuhan terbesar dan paling krusial ada pada daerah-daerah yang sedang membangun dan mulai berkembang,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya tata kelola pemerintahan merupakan salah satu kunci suksesnya keberhasilan pembangunan.

“Kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan juga tergantung oleh baik atau tidaknya perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasannya serta prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, Partisipatif, efektivitas, efisien dan kepastian hukum, termasuk pemenuhan tumbuh kembang dan perlindungan anak dalam pelaksanaan kabupaten/kota layak anak ( KLA),” jelasnya.

Dia menyebutkan, sesuai Permendagri Nomor 67 Tahun 2011, tentang pedoman umum pelaksanaan pengarustamaan gender di daerah mengamanatkan bahwa didalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di daerah masih diperlukan peningkatan gender.

“Yang di maksud dengan peningkatan gender ini melalui beberapa faktor yakni, penguatan, kelembagaan, perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, dan kegiatan yang responsive gender. Oleh karena itu pemerintah daerah berkewajiban menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsive gender yang tertuang dalam RPJMD, rencana strategis SKPD dan Rencana kerja SKPD,” tandasnya.

Di akhir sambutan Muhamad A Tawakal menyampaikan pesan dari Gubernur Papua Barat yakni mengajak kita semua tanpa terkecuali untuk bersama-sama basmi yang namanya Narkoba, lem Aibon dan Miras.(lc)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaimana

Optimalisasi Pemungutan PBB P2, Bapenda Kaimana Lakukan Pelayanan Dor To Dor Kepada Wajib Pajak

Published

on

Kepala Bapenda Kaimana La Bania.

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana untuk mencapai target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Oleh karena itu dalam rangka optimalisasi pemungutan PBB-P2, di wilayah Ibu kota Kaimana, yang diawali di dua kampung yang berdekatan dengan pusat ibu kota, yaitu Kampung Trikora sebanyak 200 Wajib Pajak dan Kampung Coa Sebanyak 200 Wajib Pajak.

Hal itu dikemukakan Kepala Bapenda Kaimana La Bania, saat di wawancarai, Jagatpapua.com. di Kampung Coa, pada Rabu (23/9/2020).

“Dalam rangka optimalisasi pemungutan PBB-P2, namun terkendala dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Maka kami melakukan pelayanan dari rumah ke rumah, diwilayah kampung Trikora dan Coa dan tetap mengacu pada protokol kesehatan” terangnya.

La Bania menjelaskan, mekanisme yang dilakukan oleh Bapenda Kaimana yaitu mempublikasikan di dua Kampung tersebut.

“Setelah publikasi dua kampung ini, kami melakukan pemungutan PBB-P2 dari rumah ke rumah, untuk di kampung trikora 200 wajib pajak dan kampung Coa 200 wajib pajak,” ujarnya.

“Kami tidak langsung mengumpulkan warga di satu tempat, tetapi kami pelayanan dari rumah ke rumah agar terhindar dari kerumunan, sesuai protokol kesehatan,” tambahnya.

La Bania melanjutkan bahwa Bapenda juga telah menginformasikan terkait dengan pelayanan tersebut, dan akan memberikan hadia berupa dorprice kepada wajib pajak yang telah melunasi PBB -P2, terlebih dahulu.

“Kami juga sudah informasikan kepada wajib pajak agar bagi warga yang telah melunasi NOP PBB-P2 sebelum tanggal jatuh tempo, maka kami akan masukan dalam daftar undian atau dorprice, berupa hadia utama TV 32 ins, handphone ViVo , Dispenser dan Rice coker 5, Sedangkan bagi warga yang masih belum membayar PBB, kami tetap menunggu sampai batas waktu atau jatuh tempo pembayaran per 31 september 2020 mendatang,” tukasnya.

Dia berharap, dengan adanya pelayanan pembayaran PBB-P2, dari rumah ke rumah, maka ke depan wajib pajak akan jauh lebih baik.

Sementara Kepala Kampung Coa Saban Waita, juga berharap warganya dapat membayar pajak PBB-P2 tepat pada waktunya.

“Dengan tepat waktu kita membayar walapun sedikit, ini juga akan kembali di kemudian hari dalam bentuk pembangunan di kabupaten Kaimana,” tutupnya.

Hingga berita ini di turunkan, Bapenda Kaimana, akan melanjutkan pelayanan PBB-P2 di Kroy dan Kota Kaimana, Pada Kamis (24/9/2020) hari ini.(lc)

Continue Reading

Kaimana

Pengundian Nomor Urut di Pilkada Kaimana, TERKABUL Nomor 1 Dan RISMA Nomor 2

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana menggelar Pencabutan Nomor Urut dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada perhelatan Pilkada 2020, yang berlangsung dikantor KPU Kaimana, pada Kamis (24/9/2020).

Kedua pasangan calon yang akan melakukan pencabutan nomor urut tersebut yakni Pasangan Kaibus-Hasbulla (TERKABUL) yang tiba di halaman KPU dan melakukan Registrasi serta mengikuti anjuran protokol kesehatan sesuai mekanisme dan pasangan Rita-Syakema (RISMA), juga melakukan registrasi dan anjuran protokol kesehatan yang sama.

Pasangan Freddy Thie dan Hasbulla Furuada dengan Jargon TERKABUL dan Pasangan RISMA akhirnya berhasil mengambil nomor urut pasangan calon untuk pilkada 9 Desember 2020.

Setelah dibacakan aturan teknis pelaksanaan pencabutan nomor urut oleh Ketua KPU Kristian M Maturbongs, dan menyerahkan kepada devisi teknis untuk melanjutkan tahapan dan pelno terbuka pengundian nomor urut.

Freddy Thie dan Hasbullah Furuada mendapat nomor urut 1 dan Pasangan Rita Teurupun dan Leonardo Syakema dengan nomor urut 2.

Usai melaksanakan pencabutan nomor urut untuk dua pasangan calon yang telah ditetapkan sebelumnya pada Rabu (23/9/2020), pasangan kedua calon membacakan pakta integritas protokol kesehatan untuk ditaati dalam tahapan selanjutnya.(lc)

Continue Reading

Kaimana

Bakal Calon TERKABUL dan RISMA, Ditetapkan Jadi Calon di Pilkada Kaimana

Published

on

KAIMANA, JAGATPAPUA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana, menetapkan bakal calon bupati dan wakil bupati Kaimana, Rita Teurupun – Leonardo Syakema (RISMA) dan Freddy Thie – Hasbullah Furuada (TERKABUL) sebagai calon tetap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember 2020.

Penetapan pasangan calon tetap ini dengan nomor 524/PL.02.3-Kpt/9208/KPU-Kab/IX/ 2020, dihadiri oleh Ketua KPU bersama empat komisionernya, ketua Bawaslu Kaimana Karolus Kopong Sabon, dan LiaisoL Officer (LO) perwakilan partai politik kedua pasangan calon, Rabu (23/9/2020) di Aula Kantor KPU Kaimana.

Sebelum ditetapkan menjadi pasangan calon tetap, komisioner KPU Kaimana melakukan serangkaian tahapan pemeriksaan berkas. Pleno tertutup di kantor KPU Kaimana, Rabu (23/9/2020) sekira pukul 09.00 WIT.

“Secara sah sudah kita tetapkan dua pasangan calon, melalui rapat pleno dan tidak bisa diganggu gugat. Selanjutnya tadi juga sudah penyerahan SK hasil penetapan calon tetap, kepada LO masing-masing calon,” kata Ketua KPU Kaimana Kristian Maturbongs, kepada awak media, usai memimpin jalannya rapat pleno penetapan.

Dikatakan Ketua KPU, setelah ditetapkan sebagai calon tetap untuk besok hari, Kamis (24/9) akan dilakukan pengundian nomor urut calon. Dalam tahapan pengundian nomor urut calon, ketua KPU berharap agar pasangan calon bisa hadir untuk pengambilan nomor urut.

“Saya berharap semua stakholder terkait, untuk kita menciptakan Pemilu yang sehat dan damai di Kaimana,” ucapnya.

Pasca penetapan dua pasangan calon tetap Pilkada Kaimana ini, situasi Kabupaten Kaimana hingga saat ini terpantau aman dan kondisif. Namun aparat kepolisian Polres Kaimana, disiagakan disejumlah titik termasuk kantor KPU Kaimana.(lc)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta