28.2 C
Munich
Selasa, Juli 16, 2024

Cegah Narkoba, BNN Tes Urine Calon Siswa SMAN 01 Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Demi mencegah meningkatnya Penyalagunaan Narkoba di kalangan pelajar. Selasa (16/7/2019), Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua Barat, melakukan tes urin terhadap ratusan calon siswa SMA Negeri 1 Manokwari.

Kepala Bidang Pencegahan BNN Provinsi Papua Barat, Indah Perwitasari, mengatakan tes urine ini untuk memastikan apakah pelajar tersebut menggunakan Narkoba atau tidak.

“Pelajar dan mahasiswa cukup rentan terhadap peredaran Narkoba, terutama jenis ganja. Mereka ini pergaulanya luas dan wilayah kita ini cukup dekat dengan PNG (Papua Neu Genea). Apalagi Papua dan Papua Barat merupakan pintu masuk pertama peredaran ganja dari PNG,” jelasnya.

Menurutnya, pemeriksaan urine bagi calon siswa baru, merupakan langkah positif yang diambil oleh pihak sekolah dan BNN. “Ini sebagai upaya pencegahan dini agar pelajar tidak terjerembab dalam pengaruh negatif barang berbahaya tersebut,” ucapnya.

Dia menuturkan, baru SMA Negeri 1 yang menjalin kerja sama dengan BNN terkait pemeriksaan Urine, dan tes ini dilakukan pada setiap awal tahun ajaran baru.

“Mudah-mudahan targetnya kena, mereka harus paham betul tentang pengaruh buruk Narkoba jenis apapun. Perjalanan mereka masih panjang, sangat disayangkan kalau sampai rusak akibat Narkoba,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini sekaligus sosialisasi tentang bahaya Narkoba, yang berlangsung selama dua hari. Diikuti 455 Casis SMA N 1 Manokwari

“Jika ada calon siswa yang terbukti positif konsumsi Narkoba, BNN akan lakukan rehabilitasi jalan. Ini dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas pendidikanya,” tandasnya.(me)

 

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta