Connect with us

Maybrat

Bupati Maybrat Minta Masyarakat Waspada Wabah Virus Corona

Published

on

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Pemkab Maybrat, menggelar rapat bersama TNI/Polri, tenaga perawat guna menyikapi penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) diwilayah tersebut. Rapat itu dilaksanakan di Pandopo alun, Kumurkek, Senin (23/3/2030) Kemarin.

Bupati Maybrat Drs.Bernard Sagrim MM, mengatakan upaya yang bisa dilakukan menghadapi penyebaran Virus Corona (Covid-19), adalah menghindari keramaian, serta melakukan social distancing, atau menjaga jarak, mengurangi perjumpaan atau kontak fisik.

“Masing masing orang diminta dapat menahan diri dirumah dan ada surat maklumat Kapolri yang memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan, termasuk kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga,” ucap Bupati.

Selain itu, Bupati juga meminta seluruh pihak tetap tenang, tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan masyarakat diharapkan mengikuti informasi dan imbauan pemerintah.

“Kita juga akan lakukan pencegahan dilima titik yang rawan penyebaran Covid-19 dengan menempatkan Satgas serta fasilitas dijalur arus masuk pos batas Klamit, Maybrat-Sorong Selatan, Manokwari-Maybrat, bandar udara kambuaya dan Ayawasi. Ini untuk mengecek orang yang datang dari luar ke Maybrat,” ujar Bupati.

“Dalam pemeriksaan, apabila ada gejala, maka diarahkan oleh petugas ke Puskesmas Ayamaru untuk dilakukan observasi oleh dokter. Bila nanti kearah suspeck maka dirujuk ke Rumah Sakit Sele Bi Sulu Kota Sorong untuk dirawat,” tutup Bupati.(sawe)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maybrat

HUT ke-46 Paroki Santo Yosef Ayawasi Dirayakan Sederhana

Published

on

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – HUT ke-46, Paroki Santo Yosef Ayawasi, Dewan Paroki melaksanakan kegiatan sederhana berupa perayaan misa syukur yang dipimpin Pastor Paroki Santo Yosef Ayawasi, Markus Malar, OSA, Kamis (19/3/2020).

Pastor Paroki Markus Malar dalam kotbahnya mengatakan hari pelindung Paroki ini, kita sebagai umat, keluarga dan masyarakat sepatutnya hidup kita mengandalkan iman dan ketaatan kepada Allah, kerendahan hati dan keheningan.

Selain itu Pastor juga menyebut adanya wabah Virus Corona (Covid-19), maka kita sebagai umat Tuhan dapat terus berdoa atas keselamatan dunia dan umat manusia.

“Kita harus berdoa dan mohon campur tangan Allah untuk memerangi virus ini, karena kita di Papua belum memiliki fasilitas dan tenaga medis memadai, kita berharap Allah sebagai sumber segala kehidupan menolong umat manusia di tanah Papua,” ucap Pastor.

Sementara acara syukuran itu juga dilakukan gelar tikar guna pembangunan gedung gereja baru dan sejumlah pejabat yang hadir menyampaikan janji imannya berupa bahan bangunan dan uang.

Hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Maybrat, Penjabat Sekda, Wakil Ketua 1 dan II DPRD Maybrat, sejumlah pimpinan OPD dan umat dari 7 stasi serta tamu undangan lainnya.(sawe)

Continue Reading

Maybrat

DPW PPNI Pabar Gelar Pelatihan BTCLS Bagi Perawat di Maybrat

Published

on

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Papua Barat bersama LP2TK Indonesia, memberikan pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) bagi perawat di Maybrat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat Raker Am Sinode, Distrik Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Rabu (18/3/2020).

Wakil Ketua Direktur LPP Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (LP2TK) Indonesia Riswan mengatakan pelatihan BTCLS merupakan satu prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang perawat, baik yang bekerja di pelayanan kesehatan dalam maupun luar negeri.

“Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asian (MEA) , BTCLS menjadi syarat mutlak bagi setiap pekerja kesehatan khususnya perawat di berbagai rumah sakit, puskesmas dan perusahaan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan kedepannya para perawat harus menyertakan sertifikat BTCLS sebagai bukti telah mengikuti pelatihan dan memiliki pengetahuan dan skill dalam bidang tersebut.

“Ini yang mendorong Fakultas Keperawatan membuat kebijakan setiap mahasiswa tingkat terakhir perlu mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS),” tukasnya.

Dia menambahkan pelatihan ini diawali dengan pre test BTCLS yang bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terkait kegawatdaruratan trauma dan kardiovaskular, serta untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang konten dari pelatihan BTCLS.

Sementara Ketua Panitia Susiyanti BLess, S.Kep Selaku, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, dengan jumlah peserta 70 orang.

Dia berharap semua peserta tetap semangat dan menjaga kebersamaan kita, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini sangat penting karena dari kita, oleh dan untuk kita perawat,” tutupnya.(sawe)

Continue Reading

Maybrat

Bupati Maybrat Lantik 8 Pejabat Eselon II dan 13 Pelaksana Tugas

Published

on

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim MM, melantik 21 Pimpinan Tinggi Pratama (Pejabat Eselon II) di Pendopo Faitmayaf, Selasa (17/3/20).

Pada kesempatan itu juga dilakukan penunjukan Plt. Sekda Maybrat yang dijabat oleh Ferdinandus Taa SH,M.Si, dan penyerahan SK kepada Aparatur Negeri Sipil (ASN) angkatan tahun 2016.

Adapun pejabat yang dilantik adalah sebagai berikut: 

1. Ferdinandus Taa, SH, M.Si, dilantik sebagai Sekretaris DPRD.

2. Dr. Naomi Netty Howai, S.Km, M.Kes dilantik sebagai Kepala Dinas Inspektorat.

3. Stevanus Kocu.S.Spi. M.Si, dilantik sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan.

4. Philipus Howai, SP, M.Si, dilantik sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

5. Drs. Sakeus Momau, dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

6. Dra. Magdalena Tenau, dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial.

7.  Fiktor F Salosa, S,Pd, ST, MT., dilantik sebagai  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda).

8. Yosias Safkaur, S.Sos, M.Si, dilantik sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Bupati Maybrat juga mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) diantaranya:

1. Alex Saa, SE., Plt. Staf Ahli Bupati Maybrat Bidang Pembangunan.

2. Martinus Bles, S.Pd, Plt. Staf Ahli Bupati Maybrat Bidang Pendidikan.

3. Yulianus Tenau, S.Sos, Plt. Staf Ahli Bupati Maybrat Bidang Agraria.

4. Herman Kambu, S.Pd., Plt. Staf Ahli Bupati Maybrat Bidang Sosial Budaya.

5. Engelbertus Turot, SP, M.Si., Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda.

6. Simson George Naa, ST, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

7. Faber Hutahaian, S.Km, M.Kes., Plt. Kepala Dinas Kesehatan.

8. Adolof Kambuaya, S.IP., Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

9. Naftali Fawan, SE., Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan.

10. Drs. Adam Antow, M.Kes, Plt. Kepala Dinas Tata Ruang, Pertanaman, Kebersihan dan Pemakaman.

11. Yance Jitmau, S.Sos., Plt. Kepala Dinas Perhubungan.

12. Nikodemus Way, SP., Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan.

13. Onavia De Lora Saraun, SE, MM., Plt BPKAD.

Bupati berharap para pejabat yang dilantik dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sesuai apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, untuk kesejahteraan masyarakat Maybrat.

“Saya menghimbau kepada Aparatur Negeri Sipil agar setiap hari masuk kantor dan tidak ada lagi kantor maupun ruangan yang tutup,” tandas Bupati.(sawe)

Continue Reading

Trending

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta