19.4 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Buka Konferensi HPI PGGP ke-168, Wapres Ma’ruf Amin Sampaikan 5 Pesan Manokwari

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin sampaikan 5 Pesan Manokwari pada pembukaan Konferensi Hari Perkabaran Injil ke 168 Persekutuan Gereja-Gereja di Papua (PGGP) di Manokwari, Sabtu (15/7/2023).

Lima pesan tersebut yakni, Pertama, Pentingnya keserasian antara sayap pendekatan birokrasi pemerintah dengan sayap pendekatan kultural keagamaan sebagai strategi kebijakan Pembangunan pemerintah akan berjalan dengan optimal melalui kolaborasi dan kemitraan dengan Gereja.

“Kedua, Saya mengajak PGGP dan Pimpinan Sinode untuk mendorong percepatan pembangunan dalam semangat rumah besar tanah Papua, meskipun kini menjadi 6 provinsi namun dengan prinsip ‘Kitorang orang Papua’ sebagai satu kesatuan kultural di atau Tanah Papua,” ujar Wapres.

Ketiga, Wapres mengajak ketua PGGP, Ketua Sinode dan tokoh- tokoh agama untuk merumuskan strategi besar rancangan kerja sesuai dengan kontekstual Papua untuk masa 20 Tahun kedepan. Dimana akan sesuai dengan rencana induk pembangunan Papua Tahun 2022-2041.

“Keempat, PGGP se Tanah Papua agar intens melakukan sinergi, kolaborasi dan kordinasi dengan kementrian, lembaga dan para pihak lainnya seperti BP3OKP untuk mengawal perencanaan dan pelaksanaan program quickquin sesuai kontekstual Papua,” lanjut Wapres.

Terakhir, Sebagai wujud kerjasama dan kolaborasi gereja dan pemerintah Wapres menyampaikan apresiasi atas gagasan pendirian Papua Christian Center (PCC). Dan meminta agar kementrian, lembaga dan pemerintah intens berkolaborasi dengan PGGP dan pengurus PCC.

“Harapannya PCC dapat berdiri di era kabinet Indonesia Maju sehingga akan berguna bagi kemuliaan rakyat Papua,” tandas Wapres.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin juga menyerahkan Bantuan kepada lembaga agama yang diberikan kepada Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) Papua Barat, Parisada Hindu Dharma Papua Barat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat dan Lembaga Pengembangan Tripitaka data Indonesia. (jp*)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta