3.7 C
Munich
Rabu, Februari 1, 2023

Berantas Pungli Di Manokwari, Satgas Butuh Peran Masyarakat Berikan Informasi

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com— Dalam melaksanakan tugas, Satgas Saber (sapu bersih) pungutan liar (Pungli) Manokwari sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi terkait Pungli.

“Tentu dalam memberantas Pungli satgas sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi yang diketahui terkait pungli di manokwari,”kata Ketua Satgas Saber Pungli Manokwari, Kompol Agustina Sineri kepada awak media Kamis (8/12/2022) di sasana Karya, Kantor Bupati.

Sebab menurut Kompol Sineri, meski satgas memiliki fungsi intelijen tetapi tidak dibantu dengan informasi dan peran dari masyarakat maka akan membatasi tugas satgas.

Ia menerangkan, terkait dengan kasus yang berkaitan dengan Pungli memang diakui ada yang dilaporkan langsung ke kejaksaan juga polres Manokwari dan juga lewat inspektorat.

Kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan fungsi masing-masing, baik inspektorat, Kejaksaan maupun Polres.

Untuk sosialisasi ini sudah beberapa kali dilakukan, yang dituntut dari pihak penegak hukum Saber pungli adalah bagaimana tindakan nyata di lapangan.

Karena realitanya, masih banyak peluang terjadinya pungli di kabupaten Manokwari yang tentu sangat merugikan masyarakat.

Namun kata Wakapolres Manokwari, bahwa ada banyak faktor penyebab tindakan Pungli tersebut dilakukan, sehingga dalam penanganan, pihak penegak hukum juga belum maksimal melaksanakan tugasnya, tetapi minimal kasus pungli di Manokwari bisa diminimalisir.

“Artinya kita bisa mencegah atau mengurangi terjadinya pungli di kabupaten Manokwari. Jika pungli terus terjadi maka sangat menghambat pembangunan bahkan juga mengganggu keamanan dan kenyamanan dari masyarakat itu sendiri,”ujar Kompol Agustina

Ia menambahkan, untuk tahun ini, Satgas Saber Pungli Manokwari hanya bisa melakukan sosialisasi Saber Pungli karena terkendala anggaran.

Namun untuk program tahun 2023, rencananya, satgas akan melakukan aksi langsung di lapangan.

“Tentu kami berharap agar wabah pandemi Covid 19 segera berakhir sehingga tidak menghambat program kerja satgas Saber pungli,”harap Kompol Sineri

Seperti yang disampaikan Bupati bahwa dalam memberantas Pungli membutuhkan kerja keras dan komitmen bersama.(jp/fir)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta