18.6 C
Munich
Senin, Juli 26, 2021

Bawaslu Deklarasi Tolak Politik Uang di Kampung Mirowy dan Rembuy

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Manokwari, kembali melakukan deklarasi tolak Politik uang di Pilkada 2020, Kamis (27/8/2020).

Kali ini deklarasi tolak Politik uang, dilakukan di Kampung Mirowy dan Rembuy, Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari-Papua Barat.

Ketua Bawaslu Manokwari, Syors Prawar mengatakan, deklarasi ini karena ‘Money Politik’, masih terlihat subur, menjelang tahapan pemungutan suara calon Bupati dan Wakil Bupati, dan sebagian masyarakat dalam mengunakan hak pilihnya mudah di pengaruhi oleh oknum yang mempunyai kepentingan lolitik.

“Masih ada masyarakat yang lebih berorientasi kepada materi, sehingga mau memilih calon tertentu ketika diberikan uang dan cenderung berpikir apatis, karena menerima uang dari oknum tertentu,” ungkap Prawar, saat memberikan arahan pada acara deklarasi Kampung tolak Politik uang.

Padahal lanjut dia politik uang bukanlah budaya bagi kita Orang Asli Papua (OAP), karena cara tersebut merupakan pembodohan politik bagi masyarakat dan yang harus diingat, masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya harus sesuai hati nurani, bukan karena amplop atau sembako bahkan janji politik semata.

“Masyarakat harus cerdas dan sadar. Jangan muda ditipu oleh oknum pemangku kepentingan politik dan jika ada temuan, masyarakat diimbau untuk melaporkan oknum bersangkutan ke Panwascam dan PPL atau PTPS,” ucapnya.

Untuk itu, diharapkan masyarakat harus cerdas dalam memilih para calon, tentu dengan melihat profilingnya serta visi misi dan program yang benar-benar membangun masyarakat juga pembangunan daerah.

Selain itu, kata dia DPT ini juga perlu menjadi perhatian dan biarlah yang terdaftar mereka yang mempunyai hak pilih dan warga yang meninggal harus di coret.

Sementara Kepala Kampung Mirowi Ishak Sayori, menegaskan masyarakat sudah memiliki komitmen untuk siap menjadi mitra kerja bersama Bawaslu.

“Besok kalau ada praktek serangan fajar, maka masyarakat yang akan tangkap sendiri oknum tersebut,” ujarnya.

Kepala Kampung Rembuy Yanpit Sayori, menambahkan pihaknya memberikan apresiasi kepada Bawaslu, yang sudah membangun kesadaran masyarakat dalam menolak politik uang,

“Warga Kampung Rembuy juga berkomitmen mendukung semua program kerja Bawaslu Manokwari, dalam mengawasi Pilkada 2020,” tandasnya.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article