26 C
Munich
Senin, Juli 15, 2024

Agustina Salabay Harap Perempuan Arfak Terus Lestarikan Budaya Lewat Berbagai event

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Papua Barat diharapkan terus meningkatkan event terkait dengan pelestarian adat dan budaya.

Hal itu diungkapkan penasihat PPA Papua Barat
Agustina Dowansiba Salabay, S.Th, M.Pd.K , menanggapi lomba Yospan jalan yang diselenggarakan PPA Papua Barat dengan melibatkan puluhan grup tari dari distrik Manokwari Timur, Manokwari Utara dan Kelurahan Amban.

Lomba Yospan Jalan yang dilaksanakan Perempuan Arfak Papua Barat bersama TP PKK Papua Barat patut diberi apresiasi karena Pergelaran ini bukan hanya sebatas lomba semata tetapi bagian dari menghargai adat dan budaya Papua secara khusus suku yang mendiami wilayah Manokwari.

“Ini luar biasa ya, kami bangga karena kita perempuan Arfak juga bisa. Dan saya apresiasi PPA Papua Barat di bawa kepemimpinan Ibu Indrayanti Mandacan yang sangat baik, dan penuh semangat,”sebut Mantan Ketua TP PKK Manokwari Periode 2011-2016 ini.

Apalagi dituangkan dalam program kerjanya sebagai tujuan mengangkat kepentingan kultur.

Ia menuturkan Yospan Jalan itu secara langsung merangkul seluruh perempuan Papua yang ada di wilayah tersebut.

“Kegiatan positif ini merangkul semua perempuan-perempuan Papua untuk kedepan semakin solid berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kultur,”tuturnya.

Agustina yang akrab disapa Mama Salabay ini pun mengatakan, event yospan jalan sebagai wadah mempersatukan perempuan Papua masa kini. Sesama perempuan Papua harus saling mendukung dan bersatu di tanah Papua secara khusus di kota Manokwari sebagai kota Injil.

“Saya sangat mendukung supaya perempuan Arfak juga bisa maju lebih selangkah lagi dalam perkembangan masa kini , perempuan Arfak tidak ketinggalan, tetapi bisa,”cetusnya.

Selain meningkatkan kelestarian budaya, lomba tersebut juga mempertahankan budaya orang papua.

“Sehingga budaya itu tidak hilang, saya sebagai penasehat PPA PB berharap kedepan kegiatan yang menyangkut adat, budaya harus lebih ditingkatkan lagi, tak hanya PPA tetapi juga organisasi kultur perempuan suku lainnya yang ada di Manokwari dan Papua Barat secara umum,”imbuhnya

Selain yospan, tambah Mama Salabay, kegiatan kultur lainnya juga bisa digelar. Supaya memberikan motivasi bagi perempuan muda yang tak hanya di dua distrik ini tetapi semua distrik yang ada di Manokwari.(jp/ask)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta