21.4 C
Munich
Selasa, Juli 16, 2024

935 Jamaah Calon Haji asal Papua Barat Dilepas ke Tanah Suci

Must read

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Sebanyak 935 Jamaah Calon Haji (JCH), asal Papua Barat, di embarkasi Makassar, resmi dilepas Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani SH, MSi, untuk menunaikan ibadah haji di Mekah, Sabtu (20/7/2019).

“Saya mewakili Gubernur Papua Barat, melepas Jamaah Calon Haji Provinsi Papua Barat, untuk menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 1440 H/2019 M ke Tanah Suci Mekah,” kata Wagub.

Wagub menuturkan, penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya tersebut, merupakan tugas pemerintah sesuai amanat UU Nomor 13 tahun 2008, tentang penyelenggaraan Ibadah Haji yaitu memberikan pelayanan pembinaan dan perlindungan kepada jamaah haji untuk menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima.

“Penyempurnaan sistem dan manajemen penyelenggaraan ini dimaksudkan agar jamaah haji lebih siap, mandiri menunaikan ibadah haji sesuai tuntutan agama Islam, sehingga syah dan sempurna guna memperoleh haji yang mambrur,” tukas Wagub.

Wagub mengaku, ibadah haji tahun ini, pelaksanaannya dapat berjalan baik dan lacar serta lebih awal penyelesaian visanya dibanding masa operasional pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya mengajak semua JCH untuk merenungkan kembali akan hakekat dan manfaat dari yang akan dilakukan dan laksanakan dalam rangkaian menunaikan ibadah haji,” ucap Wagub.

Kepala Kantor Kementrian Agama provinsi Papua Barat, Drs Sudirman Simaniguruk M.Th, menuturkan dari total jatah 951 JCH tahun ini, hanya 935 yang diberangkatkan, karena ada 16 JCH yang mutasi ke daerah lain.

“Jumlah ini sudah termasuk 5 tim Pemandu Haji Daerah (TPHD),” sebutnya.

Dia menambahkan JCH yang dilepas adalah kloter 20, 21 dan 22. Untuk jadwal, kloter 20 dan 21 akan diterbang ke Jeddah 22 Juli 2019, hanya jam yang berbeda. Sedangkan Kloter 22 akan berangkat tanggal 23 Juli 2019.

“Para JCH ini akan kembali ke Papua Barat pada awal September 2019,” tandasnya.

Acara pelepasan JCH yang dilakukan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, ini dihadiri para Bupati dan WaliKota se Papua Barat.(me)

- Advertisement -spot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta