3.1 C
Munich
Sabtu, Oktober 23, 2021

1500 Unit Rumah KPR Untuk ASN, P3K, Gubernur: Diutamakan Untuk Golongan I dan II

Must read

MANOKWARI,JAGATPAPUA.com– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan meletakan batu pertama Pembangunan 1500 unit perumahan KPR tipe 36 bagi ASN dan P3K dilingkup pemprov Papua Barat.

Pembangunan perumahan tersebut dilakukan diatas lahan seluas 60 hektar, diwilayah Andai, Distrik Manokwari Selatan, Selasa, (19/5/2021).

“Pembangunan rumah khusus bagi ASN dan P3K merupakan upaya pemerintah dalam menjawab kebutuhan untuk memiliki rumah oleh ASN dilingkup pemprov Papua Barat,”kata Gubernur Mandacan.

Ia mengakui benar jika selama ini ASN pemprov sangat membutuhkan rumah, namun belum terpenuhi karena terbatasnya APBD Provinsi Papua Barat. Sehingga tanpa disadari, kondisi ini tentunya dapat menimbulkan kesenjangan antara ASN juga P3K.

“Sesuai pengamatan saya masih banyak ASN yang sejak diangkat sebagai CPNS masih menumpang di rumah orang tua, mertua, juga rumah saudara karena alasan hingga sekarang belum memiliki rumah pribadi,” papar Gubernur

Kondisi ini terjadi bahkan hingga ASN mengalami masa akhir jabatan (purna tugas) belum juga memiliki rumah pribadi. Untuk itu, ia berharap kedepan semua pihak dapat membantu ASN, P3K yang berpenghasilan rendah bisa memperoleh kemudahan dalam hal memiliki rumah pribadi.

“Ini merupakan kebijakan saya selaku Gubernur untuk meningkatkan kesejahteraan bagi ASN maupun P3K melalui pembangunan rumah bersubsidi,”ucapnya

ia menyebut, sebanyak 1500 unit rumah itu dibangun ditanah seluas 60 ha, untuk jangka panjang, sedangkan untuk tahap awal pembangunan akan dibangun 350 unit rumah dengan luas tanah 135 M persegi, model subsidi untuk tipe 36.

Dan untuk pejabat eselon, diluas tanah 150 M persegi, model non subsidi untuk tipe 45. Ia berharap pembangunan perumahan KPR tersebut selesai pada tahun ini dan sudah dapat ditempati oleh ASN dan P3K.

Ia menambahkan, pembangunan perumahan KPR Korpri tersebut, dipercayakan kepada koperasi Kasuari Sejahtera Mandiri Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan PT Papua Internasional Jaya. Yang kemudian menjadi sarana pembinaan keluarga yang dapat meningkatkan kualitas hidup demi terwujudnya kesejahteraan ASN, P3K.

“Kemudian, jika pembangunannya sudah selesai saya harap segera diserahkan kepada ASN, P3K yang berhak menerima sesuai mekanisme yang berlaku,”pesan Gubernur Mandacan.

Selain Gubernur, Peletakan batu pertama perumahan subsidi tersebut dilakukan oleh Sekda Papua Barat Drs Nataniel Mandacan, Pemilik hak Ulayat, Isak Mandacan, Albertina Mansim serta ketua Koperasi Korpri Papua Barat, Derek Ampnier. Turut disaksikan oleh seluruh pimpinan OPD dilingkup pemprov PB.(JP/ADV)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article

Hati-hati salin tanpa izin kena UU no.28 Tentang Hak Cipta