Masrawi Aryanto : Jangan Diskriminasi Odha

Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Aryanto.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari Aids sedunia. Menurut Ketua Komisi A DPRD Manokwari Masrawi Aryanto, momentum ini perlu dijadikan untuk tidak melakukan diskriminasi pada Orang dengan HIV/AIDS (Odha).

“Pemerintah atau lembaga yang mengurusi HIV/AIDS harus lebih sering mengedukasi tentang itu. Sehingga jika terjangkit virus HIV, apa yang harus dilakukan. Termasuk juga memiliki data akurat yang terus diupdate terkait jumlahnya,” ujarnya, Minggu (1/12/2019).

Dia mengatakan penyebab dari virus itu perlu disebarkan, sehingga upaya pencegahan bisa dilakukan. Meskipun sulit disembuhkan, kalau sudah terjangkit harus tetap diobati.

“Virus itu tertular bukan hanya karena seks bebas, tetapi juga faktor lain. Misalnya transfusi darah, penggunaan jarum suntik bersama-sama dan penyebab lainnya,” sebutnya.

“Masyarakat juga harus memahami penyakit itu tidak bisa menular hanya karena kita berinteraksi dengan Odha. Sehingga Odha tidak diperlakukan diskriminasi karena banyak kasus mereka tanpa sengaja tertular,” tambah politisi PKS itu.

Dengan tetap merangkul penderita AIDS, baginya bisa menjadi dukungan moril agar proses penyembuhannya lebih baik lagi.(tik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here