Guru Miliki Peran Penting Dalam Mewujudkan SDM Unggul

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

MANOKWARI, JAGATPAPUA.com – Para guru di Manokwari, menghadiri peringatan Hari Guru Nasional 2019 dan HUT ke-74 PGRI, di LPMP jalan Tugu Jepang Amban, Senin, (25/11/2019).

Dalam peringatan kali ini, tema yang diambil yakni ‘Peran Strategis Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul’.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengatakan, jasa seorang guru sebagai corong garda pembangunan Sumber Daya Manusia, yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Guru memiliki peranan dalam mewujudkan SDM Unggul. Sebab, maju tidaknya sebuah bangsa dimulai dari guru,” ungkap gubernur, saat membacakan sambutan Ketua Pengurus Besar PGRI Prof Dr Unifah Rosyidi Mpd.

Dia mengatakan majunya kecanggihan teknologi dengan segala turunannya sejatinya guru tidak dapat digantikan oleh teknologi. Ini mengandung makna tersendiri bahwa guru adalah profesional dan berintegritas .

“Di era modernisasi, guru, siswa dan orang tua, harus bangun kesadaran bersama, bahwa ruang kelas bukan lagi satu-satunya ruang belajar, dan guru bukan lagi sumber informasi dan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Selain itu, sesuai visi Presiden Jokowi, “SDM Maju Indonesia unggul, menurutnya hal ini dapat dimaknai pentingnya pendidikan dalam memajukan bangsa, sehingga menjadi prioritas utama.

Dia berharap pengurus PGRI, dapat menjadi wadah yang nyaman bagi anggotanya, karena PGRI adalah mitra strategis pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan, serta menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan agar tercapai sinergi optimal dalam mewujudkan pendidikan Nasional Indonesia Unggul.(chl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here