Gedung Dekranasda Papua Barat Diresmikan

Kehadiran Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan dan Ketua Dekranas Pusat Grace Claudia P. Batubara, pada peresmian Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Papua Barat.

MANOKWARI, JAGATPAPUA. com – Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Papua Barat, diresmikan oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Kamis (28/11/2019).

Ketua Dekranas Pusat Grace Claudia P. Batubara, yang hadir pada peresmian itu, berharap ini dapat menjadi awal keberhasilan dan kesuksesan dalam meningkatkan daya saing produk kerajinan dan kesejahterakan perajin di Papua Barat.

“Hadirnya galeri ini diharapkan bisa membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis teknologi dan harapan semua perajin di daerah tentu ada komitmen pemerintah setempat,” ujarnya.

Selain itu dia mengatakan diera globalisasi, pengrajin di Papua Barat harus tetap kokoh semangat dalam mengembangkan berbagai macam hasil karya seni budaya lokal, sehingga dapat bermanfaat.

“Masa sekarang ini kita diperhadapkan dengan digitalisasi. Jadi harapannya hasil kerajinan lokal masyarakat Papua bisa dikenal seluruh penjuru dunia baik di Nasional maupun internasiaonal. Seperti, tas noken Papua yang sudah diakui Unesco,”ucapnya

“Kedepan juga harus ada langkah edukasikan, kepada masyarakat Papua untuk menjual meniatur seni budaya melalui online. Ini guna meningkatkan, pendapatan bagi masyarakat di Papua Barat,” tandasnya.

Istri Mentri Sosial RI ini, juga mengakui
kreatifitas masyarakat dalam menciptakan produk kerajinan tidak diragukan lagi. Sehingga industri kerajinan menjadi salah satu unggulan yang memberikan sumbangan cukup signifikan dalam perekonomian Indonesia.

Mengingat peranannya yang penting serta potensinya yang sangat besar untuk meningkatkan kreatifitas secara dinamis, Grace lalu menekankan bahwa seni kerajinan ini perlu digali, dilestarikan, dibina dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya.

Sementara, Ketua Dekranasda Papua Barat, Yuliana Adolina Mandacan, mengharapkan kehadiran galeri ini dapat menekan angka penganguran di Papua Barat.

Selain itu, banyaknya home indsutri yang butuh pengembangan seperti batik, noken, makanan olahan dan kerajinan tangan lainnya. Sehingga butuh kerjasama dan kekompakan dari masyarakat Papua Barat dan juga pemerintah agar bisa dikembangkan dan dapat bersaing baik Nasional maupun internasional.

“Kedepan kita akan melestarikan budaya, dengan memberikan pemberdayaan, pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat, agar produk-produk ini dikenal di seluruh dunia,” tandasnya.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan yang meresmikan gedung tersebut mengaku, dukungan pemerintah dalam pertumbuhan Dekranasda merupakan wujud dan tekat pemerintah untuk terus berbenah diri untuk melangkah maju membangun berbagai sektor kerajinan.

“Kehaditan Galeri ini bagus, karena semua produk bisa jual disini, sehingga turis yang datang bisa tidak cari lagi tapi langsung ke sini bisa melihat hasil yang di buat kemudian melalui ini juga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” tukas gubernur.

Selain peresmian gedung, juga dilakukan penandatanganan MoU antara pemerintah dengan Dekranas dan antara Dekranasda dengan BNI. Juga penyerahan kredit tanpa bunga program BNI kepada 3 pengrajin Papua dan penyerahan bantuan kepada 2 pengusaha kecil secara simbolis.(chl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here