Dinkes Maybrat Gelar Pelatihan Bagi 201 Kader Posyandu

Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, menggelar pelatihan 202 kader dari 76 posyandu di 24 distrik.

KUMURKEK, JAGATPAPUA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat, melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, menggelar pelatihan 202 kader dari 76 posyandu di 24 distrik diwilayah tersebut.

Kegiatan ini dibuka Bupati Maybrat, yang diwakili Staf Bupati Bidang Perekonomian dan Pendapatan Daerah, Yoram Bosawer, SE, MSi, di Aula Pertemuan Setda Maybrat Rabu, (27/11/2019) lalu.

Staf Bupati Bidang Perekonomian dan Pendapatan Daerah, Yoram Bosawer, SE, MSi, mengatakan pelatihan ini sebagai upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara merata.

Dia mengatakan apabila sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat seperti Posyandu, dapat dilakukan secara efektif dan efisen, maka dapat menjangkau semua sasaran.

Pasalnya, dikabupaten ini, angka kematian bayi, balita dan orang dewasa sangat tinggi dibandingkan angka kelahiran.

Kepala Bidang Kemasyarakatan Dinkes Maybrat, Martha Naa, menambahkan kesehatan ini perlu diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa.

Ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, karena kesehatan bukan tanggung jawab pemerintah, namun merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

“SDM yang sehat dan berkualitas, merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi merupakan 3 pilar yang sangat memengaruhi kualitas hidup sumber daya manusia,” tandasnya.(sawe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here